SOLOPOS.COM - Ilustrasi

JOGJA—Tim nasional bola basket akan menggelar training camp (TC) di DIY mulai 31 Maret mendatang. Timnas ini dipersiapkan tampail di kejuaraan level Asia yang merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan oelh Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) beberapa waktu lalu.

Ketua Umum PP Perbasi, Anggito Abimanyu mengatakan awalnya ada 26 atlet yang terjaring dari seluruh pengprov yang pmengirimkan atletnya untuk seleksi. Jumlah itu kemudia diperkecil menjadi 18 atlet dan akan berkurang lagi hingga menjadi 15 atlet saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Usai TC ini timnas akan terjun pada dua kejuaraan level Asia. Pertama, timnas bakal terjun di kejuaraan SEABA yang akan digelar di Singapura Juli mendatang disusul kejuaraan FIBA Asia sebulan pada Agustus yang digelar di Mongolia,” papar dia kepada wartawan usai pelatikan pengurus Pengprov Perbasi DIY di Balaikota, Kamis (22/3).

Selain TC di UNY, timnas tersebut juga akan tampil pada final National Basketball League (NBL) akhir April mendatang yang juga digelar di DIY. Untuk atlet yang masih sekolah, pihak PP Perbasi menyediakan tutorial sedangkan bagi pebasket yang waktunya lanjut kuliah, disediakan bimbingan tes perguruan tinggi.

Ilustrasi

Timnas yang disipkan untuk kejuaraan Asia ini sebelumnya mengikuti kejuaraan serupa di kelompok umur 16 tahun. Di level itu, timnas mencatat hasil terbaik dengan menempati ranking tujuh Asia. Anggito menambahkan, target terakhir PP Perbasi pada 2015 nanti, tim bentuan ini sudah menghasilkan prestasi yang maksimal.
Sementara itu, Pengprov Perbasi DIY yang dilantik kemarin, kembali dipimpin Haryadi Suyuti dibantu Junaedi sebagai wakil ketua dan Andi Hirawan sebagai sekretaris umum.
Dalam sambutannya, Haryadi memastikan jika tim basket putri DIY bakal ambil bagian dalam PON Riau, Oktober mendatang.
”Pada PON sebelumnya, tim basketputra kita lolos tapi tidak bisa ambil bagian. Sekarang, putri kami yang lolos dan kami pastikan akan tampil di event olahraga terbesar di tanah air itu. Kami targetkan meraih medali,” kata dia. (sun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya