SOLOPOS.COM - Dirreskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Subagio. (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Aparat Polda Jawa Tengah (Jateng) mengerahkan tim siber guna memburu situs jual beli organ manusia yang ditawarkan secara online. Hal ini dilakukan menyusul viralnya kasus dua remaja di Makassar yang menculik dan membunuh seorang anak demi menjual organ tubuh korban di jejaring internet.

Dirreskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol. Dwi Subagio, mengatakan tim siber saat ini telah diintensifkan untuk melakukan patroli siber guna menindaklanjuti kasus tersebut.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Tim kami intensifkan melakukan patroli siber untuk melihat dan melakukan penelusuran. Apakah ada situs online jual beli organ di Jateng ini. Bila ditemukan, segera lakukan penyelidikan,” ujar Subagio, Sabtu (14/1/2023).

Kendati demikian, Subagio mengaku hingga kini pihaknya belum menemukan adanya indikasi jual beli organ tubuh manusia yang dilakukan melalui jejaring internet atau situs web online. Namun sepanjang tahun 2022, Polda Jateng mengaku telah melakukan penindakan terhadap lebih dari 20 akun jejaring sosial yang terlibat praktik kejahatan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

“Akun-akun yang ditindak masih sejauh melakukan pelanggaran meliputi penyebaran berita hoaks maupun pelanggaran UU ITE,” jelasnya.

Terkait eskalasi di tahun politik 2024, Ditreskrimsus Polda Jateng juga mulai masif melalukan penindakan siber. Tak hanya itu, Masyarakat juga diminta menggunakan internet untuk hal-hal positif.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pengawasan melalui patroli di dunia maya, supaya meminimalisasi pemberitaan yang merugikan publik. Masyarakat juga harus kroscek dan verifikasi terlebih dahulu [sebelum menyebarkan informasi],” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya