Tutup Iklan
Tim sepak bola wanita Amerika Serikat (Reuters-Denis Balibouse)

Solopos.com, LYON - Dominasi Tim Amerika Serikat (AS) di kancah sepak bola wanita belum tertandingi. Kesebelasan wanita AS meneruskan rekor juara menjadi kali keempat beruntun pada Piala Dunia Wanita setelah membantai Belanda 2-0 pada babak final di Groupama Stadium, Decines-Charpieu, Lyon, Prancis, Minggu (7/7/2019) malam WIB.

Tim juara bertahan ini sempat mengalami kesulitan sekitar satu jam pembuka, sebelum akhirnya kapten Megan Rapione memecah kebuntuan dengan mencetak gol penalti pada menit ke-61. Delapan menit kemudian, gol dari Rose Lavelle mengonfirmasi status tim sepak bola wanita AS sebagai putri terbaik di bumi ini.

Keberhasilan AS bukan sekadar untuk menambah koleksi trofi. Rapione dkk. bisa semakin lantang untuk menyuarakan tuntutan kesetaraan antara pesepak bola pria dan pesepak bola wanita.

Belum lama ini, Rapione secara tegas mengkritik FIFA karena besaran hadiah yang tidak sama untuk pemenang Piala Dunia pria dan Piala Dunia wanita. Saat Presiden FIFA, Gianni Infantino, melenggang menyerahkan medali, fans tim sepak bola wanita meneriakan boo dan mengucap chant "equal pay, equal pay" (bayar setara, bayar setara).

Penampilan Rapione sangat gemilang di Piala Dunia Wanita 2019. Wajar jika dirinya diganjar sebagai Pemain Terbaik. Turnamen ini sekaligus menjadi comeback setelah absen cukup lama. Ini merupakan gelar Piala Dunia Wanita kali kedua beruntun baginya setelah sebelumnya meraih juara di turnamen yang sama di Kanada, 2015 silam.

"Ini seperti sejarah. Saya tidak tahu bagaimana rasanya sekarang. Benar-benar gila. Kami gila karena itu membuat kami spesial. Kami hanya tidak bisa diam. Kami sangat ketat, Kami harus mengerahkan segala cara untuk menang," ujar Rapione, seperti dilansir Reuters.

Presiden AS, Donald Trump, langsung mengucapkan selamat atas keberhasilan Alex Morgan dkk. menjuarai Piala Dunia Wanita 2019. "Selamat kepada tim sepak bola wanita AS memenangi Piala Dunia! Permainan hebat dan menarik. Amerika bangga dengan kalian!," cuit Trump.

Orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu sepertinya akan mengundang para pemain ke Gedung Putih. Beberapa hari lalu, Trump terlibat perang kata-kata dengan Rapione yang dikenal sebagai anti-Trump. Rapione lantang tidak akan memenuhi undangan Trump ke Gedung Putih seandainya tim sepak bola wanita AS juara Piala Dunia Wanita 2019.

Trump pun membalas Rapione dengan menantang sang pemain. "Megan seharusnya juara dulu sebelum dia banyak bicara! Selesaikan tugas!," cuit Trump saat tim sepak bola wanita AS masih berada di semifinal. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten