SOLOPOS.COM - Tim SAR lakukan pencarian KMP Bahuga Jaya (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Tim SAR lakukan pencarian KMP Bahuga Jaya (JIBI/SOLOPOS/Antara)

BAKAUHENI–Tim Search and Rescue (SAR) gabungan di Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung telah berhasil menemukan posisi bangkai Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahuga Jaya pada Sabtu (29/9/2012), sekitar pukul 23.45 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Tim SAR gabungan, Saidar S Jaya, di Bakauheni, Minggu pagi, menegaskan posisi kapal memang sudah ditemukan tim yang berada pada kedalaman 76 meter di dasar laut.

Posisi bangkai kapal feri itu, kata dia, telah bergeser sekitar satu kilometer dari titik awal tenggelam akibat terbawa arus bawah laut yang deras sejak tenggelam Rabu (26/9/2012) lalu.

Penemuan bangkai kapal tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan deteksi bawah air atau multibeam echo sounder, dan side scene sonar sejak Sabtu pagi, dengan menggunakan KMP Baruna Jaya IV.

Menyusul kepastian penemuan bangkai KMP Bahuga Jaya itu, kata Saidar, Tim SAR pada hari ini segera melakukan penyelaman untuk mengevakuasi korban yang diduga masih terjebak di dalam kapal tersebut.

“Penyelaman akan dilakukan oleh penyelam khusus dari Armabar dan Denjaka Korps Marinir TNI AL,” kata dia pula.

Pada Minggu pagi, sejumlah petugas dari Tim SAR gabungan itu mulai bersiap untuk berangkat menuju lokasi kejadian tenggelam kapal itu, untuk melakukan penyelaman guna mengevakuasi para korban yang diduga masih terjebak di dalam kapal yang tenggelam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya