Tim SAR Lanjutkan Pencarian Satu Korban Longsor di Cijeruk Bogor

Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian satu korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

 Proses evakuasi korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022). (Antara)

SOLOPOS.COM - Proses evakuasi korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022). (Antara)

Solopos.com, BOGOR-Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian satu korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dari Sabtu (21/5/2022) malam hingga Minggu (22/5/2022) siang. Tiga korban lainnya sudah ditemukan.

“Korban atas nama Eneng [24] masih dicari, tiga korban meninggal yang sudah ketemu dibawa ke rumah sakit,” ungkap Camat Cijeruk, Bangun Septa di sela-sela evakuasi seperti dikutip dari Antara pada Minggu.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Hingga Minggu pukul 11.00 WIB tim SAR gabungan masih melakukan pencarian di material longsoran dengan bantuan semprotan air mobil pemadam kebakaran dan alat pemecah batu.

Baca Juga: Pencarian Korban Longsor di Cijeruk Bogor, 3 Orang Ditemukan Meninggal

Tiga korban longsor di Bogor yang berhasil dievakuasi yaitu Duduh, 43; Uum, 70, dan Nafis, 4. Ketiganya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta untuk keperluan visum.

“Dibawa ke Keramat Jati jadi untuk visum, sebagai laporan awal untuk tindakan awal kepolisian. Ada permintaan dari keluarga untuk dilakukan visum,” terang Bangun.

Menurutnya, para korban yang meninggal dunia akan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) wilayah Cijeruk setelah proses visum di RS Kramat Jati.  Sementara para korban selamat yang berjumlah lima orang, yakni Hilman, Fitri, Adit, Abay dan Ama mengungsi di rumah sanak saudara karena rumahnya rusak berat akibat terkena material longsoran.

Baca Juga:  Tanah Tiba-Tiba Longsor Timpa Rumah, 4 Warga Tertimbun

Sebelumnya, Penata Bencana Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, M. Adam, menyebutkan peristiwa longsor yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB pada Sabtu (21/5/2022), itu menyebabkan dua rumah rusak berat dan dua rumah lainnya rusak ringan.

Dua rumah yang rusak berat kondisinya rata dengan tanah karena tertimpa material longsoran berupa batu pondasi penahan tebing dengan tinggi sekitar 6 meter.

Pada Sabtu kemarin, Tim SAR gabungan menghentikan pencarian sementara pukul 02.00 WIB dan kembali melanjutkan kegiatan pukul 07.00 WIB untuk mengevakuasi korban tertimbun atas nama Eneng.

Baca Juga:  Tanah Longsor Terjang Kulonprogo, 6 Keluarga Ngungsi & Tutup Jalan

Peristiwa longsor yang terjadi pada Sabtu (21/5/2022) sekitar pukul 17.00 WIB, itu merobohkan dua rumah yang mengakibatkan sembilan orang luka-luka dan meninggal. Lima korban diantaranya berhasil selamat, yaitu Hilman, Fitri, Adit, Abay dan Ama.

Dua rumah warga tersebut tertimbun material tebing tanah setinggi sekitar 10 meter yang longsor akibat hujan deras.  Kapolsek Cigombong-Cijeruk, Kompol Sumijo menjelaskan bahwa para korban longsor tersebut merupakan satu keluarga. Tiga korban yang berhasil dievakuasi, yaitu ayah, anak dan nenek. “Yang awal ditemukan dalam kondisi meninggal itu kepala keluarga,” kata Sumijo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Ini 5 Kelompok Pelanggan PLN yang Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Jalan Tersendat Gugatan Investasi Tabung Tanah

Asfa Davy Bya, pengacara Sri Sukarsi dan Marsiti, Kamis (30/6/2022), menyatakan perkara tabung tanah tersebut belum selesai.

Kenaikan Tarif Listrik Jumat Besok Hanya Berdampak pada Orang Kaya

Tarif listrik yang naik adalah untuk pelanggan berdaya 3.500 VA ke atas yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN. 

3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.

Tarif Listrik Naik, Sebanyak 2,09 Juta Pelanggan PLN Kena Dampak

Kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Rocky Gerung Ingatkan Anies Jebakan Batman Sunny Tanuwidjaja

Rocky Gerung menyebut bergabungnya Sunny Tanuwidjaja ke Anies Baswedan bisa menjadi jebakan Batman.

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Profil Sunny Tanuwidjaja, Pembela Ahok yang Menjadi Pendukung Anies

Sunny Tanuwidjaja adalah staf ahli Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebelum kalah dari Anies Baswedan pada Pilgub DKI 2017.

Bawa Pesan Presiden Ukraina, Jokowi Bertemu Putin Hari Ini

Jokowi bertemu Putin dengan membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

Sunny Tanuwidjaya, Eks Staf Ahok, Kini Dukung Anies Baswedan

Profil Sunny Tanuwidjaja bukanlah sosok baru di dunia perpolitikan khususnya Jakarta.

Hutan Berbasis Kaveling untuk Mitigasi Dampak Buruk Industrialisasi

Komunitas Jatiwangi art Factory yang berbasis di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat pada pekan lalu meluncurkan Perusahaan Hutan Tanaraya atau Perhutana.

Pengamat Ungkap Peluang KIB Bisa Menang di Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki peluang untuk memenangkan Pemilu 2024. 

Sah, Muktamar Muhammadiyah Digelar Luring dan Penggembira Boleh Hadir

Pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Kota Solo, November 2022, digelar luring dan penggembira boleh menghadiri muktamar.

RI Tak Ambil Tambahan Kuota Haji 10.000, Ini Alasannya

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan bahwa penambahan kuota itu hanya diperuntukkan bagi jemaah haji reguler sehingga dari sisi waktu tidak memungkinkan.

FHB Universitas Duta Bangsa Solo Adakan Kunjungan Instansi ke Kemenag

FHB Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo melakukan kunjungan instansi dan kuliah pakar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo.