SOLOPOS.COM - Anggota SAR Karanganyar bersama KRI, Dinsos, dan petugas damkar Karanganyar menyemprotkan disinfektan di Dusun Songgorunggi, Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Sabtu (8/5/2020). (Istimewa/Dokumentasi Tim SAR Karanganyar)

Solopos.com, JATEN — Tim SAR Kabupaten Karanganyar melayani permintaan warga untuk menyemprotkan disinfektan di lingkungan sekitar, rumah, dan fasilitas umum.

2.978 Rekening Keluarga di Karanganyar Sudah Terima BST

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala Bidang Operasional SAR Karanganyar, M. Rasyid Al Fauzan, menyampaikan kegiatan itu rutin dilaksanakan sejak awal pandemi hingga kini. Fauzan, sapaan akrabnya, mengaku lupa sudah berapa kali mendapat permintaan warga untuk menyemprotkan disinfektan ke lingkungan, rumah warga, maupun fasilitas umum.

Ekspedisi Mudik 2024

Fauzan mengingat hanya wilayah di Kecamatan Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, dan Jatiyoso atau dikenal dengan singkatan 4J itu belum pernah didatangi Tim SAR Karanganyar untuk penyemprotan disinfektan.

Fauzan mempersilakan warga menghubungi Tim SAR Karanganyar apabila membutuhkan bantuan penyemprotan disinfektan di lingkungan. Tetapi, Fauzan mensyaratkan jadwal penyemprotan mengikuti jadwal dari Tim SAR Karanganyar.

Pemkab Karanganyar Lelang 9 Jabatan Kepala Perangkat Daerah

“Kami melayani gratis. Dari pertama sampai sekarang yang belum tersentuh itu 4J. Kecamatan lain sudah. Pekan depan kami mengarah ke 4J. Sabtu dan Minggu khusus penyemprotan di lingkungan rumah anggota SAR Karanganyar. Selama pandemi, warga silakan menghubungi SAR Karanganyar untuk meminta bantuan penyemprotan. Selama puasa, penyemprotan dilakukan sore hari,” kata Fauzan saat dihubungi Solopos.com, Selasa (12/5/2020).

Tempat ibadah yang menjadi sasaran penyemprotan adalah tempat ibadah yang di pinggir jalan dan sering didatangi pengguna jalan untuk ibadah maupun melepas lelah. Selain tempat ibadah, SAR Karanganyar juga menyemprotkan disinfektan di SPBU.

Layanana Disinfektan Gratis

Fauzan menyampaikan SAR Karanganyar juga melayani permohonan bantuan cairan disinfektan dari masjid yang menyelenggarakan salat tarawih. Disinfektan diberikan secara cuma-cuma, tetapi penyemprotan secara mandiri.

Gara-Gara Covid-19, Layanan GISA Karanganyar Tertunda

Kegiatan Tim SAR Karanganyar bersama komunitas sukarelawan (komrel) di Kabupaten Karanganyar, seperti Komunitas Relawan Indonesia (KRI), Dinas Sosial (Dinsos), dan pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Karanganyar kali terakhir menyemprotkan disinfektan di Dusun Songgorunggi, Desa Dagen, Kecamatan Jaten dan Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat.

“Di Songgorunggi itu lima RT kalau di Kaliwuluh itu tiga RT. Kami menggandeng komrel di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan bakti sosial penyemprotan disinfektan untuk pencegahan persebaran Covid-19. Kegiatan dimulai jam 16.30 WIB. Kami melibatkan 15 personel dan menggunakan tujuh tanki dan 2 mobil membawa alat semprot diesel. Kami semprot jalan, halaman, teras, dalam rumah, pagar, lokasi pertemuan dan perkumpulan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya