SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, PACITAN — Puluhan personel tim reaksi cepat bersiaga guna memantau keamanan dan kenyamanan pengunjung yang berdatangan ke lokasi wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada akhir tahun 2018 hingga awal 2019.

“Kesiagaan kami lakukan di semua lokasi dan objek wisata, khususnya di kawasan wisata pesisir,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo di Pacitan, yang dilansir Antara, Senin (24/12/2018). 

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menambahkan penyiagaan tim reaksi cepat sekaligus tindakan mitigasi mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi. Tak hanya unsur BPBD, pengamanan terpadu juga melibatkan kepolisian, TNI, pramuka, Satpol PP, dinas kesehatan, pramuka, Orari, dan lainnya.

Didik Alih Wibowo menambahkan pengamanan sebagian difokuskan di titik-titik pos pantau yang sengaja dipersiapkan untuk memantau arus mudik/balik libur Natal dan Tahun Baru.

“Sebagian lagi disebar secara acak ke pusat-pusat keramaian wisatawan, terutama di destinasi wisata pantai yang menjadi tujuan utama para pelancong domestik, lokal, maupun luar negeri,” ungkap dia.

Jika didapati kondisi membayakan, tim akan mengerahkan kekuatan penuh antara lain terdiri dari unsur SAR. “Jumlah seluruhnya ratusan orang,” papar Didik yang belum genap sebulan bertugas di BPBD.

Selain menerjunkan tim bergerak, BPBD juga menempatkan personel di Pos Pelayanan yang dikelola Polres. Mereka bertugas bersama anggota polisi dan TNI serta jajaran lain yang terlibat di dalamnya.

Kapolres Pacitan AKBP Sugandi membenarkan komposisi Pos Pantau juga dilengkapi unsur BPBD. Pasalnya, liburan Natal dan Tahun Baru kali ini bersamaan kedatangan musim hujan.

Terlebih sebagian besar wilayah Kota 1001 Gua, julukan Pacitan, merupakan kawasan rawan bencana. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyiagakan alat berat di beberapa ruas jalan yang rawan longsor,” ucap Sugandi. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya