SOLOPOS.COM - Ganda putri Amallia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose saat tampil di semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 dalam pertandingan yang berlangsung di Setia City Convention Center, Selangor, Sabtu (17/2/2024). (ANTARA/HO-PBSI)

Solopos.com, SELANGOR — Indonesia tanpa gelar di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 setelah tim putri ditaklukkan Thailand pada babak semifinal di Setia City Convention Center, Selangor, Sabtu (17/2/2024) petang WIB.

Sebelumnya, kontingen putra Indonesia hanya sampai di babak perempatfinal BATC 2024.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepastian tanpa gelar itu didapatkan setelah ganda putri Amallia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose kalah di laga keempat.

Pada laga beberapa jam sebelumnya, ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani, takluk dari lawan masing-masing.

Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo sempat menghidupkan harapan Indonesia seusai memetik kemenangan atas Busanan Ongbamrungphan dua gim langsung

Sayangnya di laga keempat Amallia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose takluk dari Benyapa Aimsard/Nuntakarn Aimsaard dua gim langsung, 0-2 (22-24 dan 14-21).

“Kami sebenarnya bisa tampil baik kendati baru pertama kali dimainkan sebagai pasangan. Meski tampil sebagai pasangan baru, sebelumnya kami sudah sering berlatih bersama di pelatnas,” kata Tiwi dikutip Solopos.com dari Antara.

Tiwi mengatakan di gim kedua, lawan telah banyak mengantisipasi serangan yang dilancarkan dan membuat permainan sulit berkembang.

“Jalannya pertandingan pada gim pertama memang bisa berjalan ketat. Sampai terjadi setting. Sayang peluang bisa menang itu gagal kami dapatkan. Di gim kedua lawan sudah mengantisipasi,” kata Tiwi.

Dengan kekalahan itu, Indonesia gagal ke final setelah kalah 1-3 lawan Thailand.

Menurut Rachel, strategi bermain aman yang diterapkan selama pertandingan kurang berhasil karena serangan lawan sulit diantisipasi dan tempo permainan yang tidak dapat dikuasai.

“Kami bukan banyak mati sendiri tetapi kami maunya bermain safe. Tetapi kami kurang siap dengan serangan dan tekanan lawan yang demikian konsisten,” ujar Rachel.

Kekalahan ini memastikan Indonesia tanpa memperoleh gelar pada Kejuaraan BATC 2024 seusai di tim putra sebelumnya gugur di babak perempatfinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya