SOLOPOS.COM - Suasana pertandingan Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Turki, Selasa (4/9/2012). (chessolympiadistanbul.com)

Suasana pertandingan Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Turki, Selasa (4/9/2012). (chessolympiadistanbul.com)

JAKARTA – Tim catur putra Indonesia kembali mencetak kemenangan pada babak keenam Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Turki dari regu Zambia yang diikuti dengan kemenangan tim putri atas Kosta Rika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laporan manajer tim Indonesia, Kristianus Liem dari Turki, Selasa (4/9/2012) menjelaskan kemenangan memang sudah diperkirakan sebelum pertarungan, karena secara kualitas kemampuan lawan putri dan putra masih di bawah kekuatan tim Merah Putih. GM Susanto Megaranto (2.529) membuka kemenangan Indonesia saat bertemu MF Daniel Jerre (2.382). Sementara MI Taufik Halay (2.361) yang turun pada papan kedua, juga mengalahkan Stanly Chumfwa (2.347).

Kemenganan Indonesia makin lengkap setelah calon master (CM) Muhammad Lutfi Ali (2.078) juga mampu menghasilkan satu angka penuh atas lawannya Andrew Kayonde (2.180). Hanya CM Farid Firmansyah (2.318) kurang siap menghadapi Gilian Bwalya (2.256), dan harus puas dengan posisi remis. Dengan demikian secara keseluruhan pertandingan dimenangkan Indonesia 3,5-05.

Tim putri menyempurnakan kemenangan Indonesia setelah menggulung lawan mereka regu Kosta Rika. Kemenangan diawali MF Medina Warda Aulia (2.218) yang membungkam MI Carolina Munoz Solis (1.981). Disusul dengan kemenangan MF Dewi AA Citra (2.143) dari Olga Leticia Gamboa Alvarado (1.890).

Setengah angka disumbangkan Aay Aisyah Anisa (1.818) dari permainan remis melawan Liseth Carolina Acevedo Mendez (1.843). Satu-satunya wakil Indonesia yang menyerah adalah Ummi Fisabilillah. Dia tumbang di tangan Maria Elena Rodriques Arrieta (1.738) sehingga kedudukan menjadi 2,5-1,5 untuk Indonesia. Aay dan Ummi yang merupakan pemain baru untuk ajang Olimpiade, mengaku masih demam panggung saat tampil di turnamen besar ini. “Awalnya saya yakin bisa menang, tapi tiba-tiba jadi salah langkah,” ujar Aay yang akhirnya harus puas dengan posisi remis.

Sementara Ummi mengaku takut kalah, sehingga permainannya malah tak berkembang. Namun dengan kemenangan ini tim Indonesia pada babak ketujuh kembali bertemu dengan tim-tim kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya