Tim PKM ITNY Kembali Raih Hibah PKM Kemendikbud
Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali meraih hibah Program Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada 2020 ini, ITNY meloloskan enam proposal untuk didanai melalui program PKM yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Belmawa Kemendikbud).

Proposal PKM karya Mahasiswa ITNY yang lolos adalah pada skema PKM Kewirausahaan (PKM-K) dengan judul Hardcase dari Sampah Kaleng yang diketuai Rahmat Saifulloh dari Program Studi Teknik Sipil, skema PKM Karya Cipta (PKM-KC) dengan judul Perancangan Sistem Pendeteksi Ketersediaan Lahan Parkir Otomatis pada Gedung Bertingkat Berbasis Mikrokontroler yang diketuai Yanda Pra Restu Munawar dari Program Studi D-3 Teknik Elektronika, dan skema PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) dengan judul proposal Simbiosis Mutualisme Pendidikan dengan Pelajar Belajar untuk Mengajar yang diketuai Juhair Al Habib dari Program Studi Teknik Geologi.

 

ITNY

Di samping tiga proposal tersebut, ITNY juga meloloskan tiga proposal pada skema PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE).

Ketiga judul proposal yang lolos tersebut adalah Pengembangan Gravitational Water Vortex Power dengan Variasi Jenis Turbin Axial dan Radial yang diketuai Hafidz Komarul Ikhsan (Teknik Mesin), Analisis Jalan Warga Akibat Penambangan Pasir Batu di Daerah Sungai Progo yang diketuai oleh efrit Pradana Putra Hengkesa (Teknik Pertambangan), serta Analisis Potensi Longsor Menggunakan Metode Mikroseismik dan Survei Geologi Daerah Cinomati, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang diketuai oleh Tyas Aditama (Teknik Geologi).

Wakil Rektor III ITNY menyampaikan bahwa kelolosan enam tim dari ITNY untuk didanai ini menjadi salah satu hasil pembinaan terhadap kreativitas mahasiswa yang dilakukan oleh ITNY. Kampus ITNY sendiri memiliki PKM Center yang diharapkan mampu memberikan dukungan bagi mahasiswa ITNY untuk mengembangkan kreativitasnya.

Proposal yang lolos untuk didanai tersebut akan dinilai oleh reviewer dan yang lolos penilaian berhak untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami berharap tahun ini ITNY juga kembali meloloskan tim ke PIMNAS," pungkas Wakil Rektor III ITNY.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom