Tim Gabungan Dikerahkan Cari 16 Korban Longsor di Nganjuk
Ilustrasi alat berat dikerahkan untuk mencari korban longsor. (Antara)

Solopos.com, NGANJUK -- Sejumlah orang dari berbagai unsur dalam tim gabungan dikerahkan untuk mencari 16 korban longsor di Nganjuk, Jawa Timur, Senin (15/2/2021). Sementara itu, BMKG Juanda Surabaya memprediksi wilayah Nganjuk bakal diguyur hujan deras disertai angin kencang pada siang-sore hari.

"Pagi ini terpantau cuaca cerah berawan dan tim melanjutkan pencarian dan semoga segera membuahkan hasil," ujar Plt Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Yanuar Rachmadi, Senin.

Tanah longsor di Kabupaten Nganjuk dipicu hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi pada Minggu (14/2) sekitar pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB. Guyuran air hujanmengakibatkan tebing di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, longsor pada pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Longsor di Nganjuk, 23 Warga Belum Ditemukan

Dari 20 warga yang dinyatakan hilang, empat orang sudah ditemukan. Dua orang dalam keadaan selamat, tapi mengalami luka di kaki, sedangkan dua orang lainnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Sementara 16 korban lain belum ditemukan. Mereka adalah Pak Mur, Parmin, Sita, Putra, Yono, Umi, Dimas, Endra, Mbah Darimon, Muriyam, Sunar, Prastyo, Rama, Reihan, Yatemo dan Yatini.

Dari hasil koordinasi dengan pihak terkait, saat ini dibutuhkan logistik atau peralatan untuk keluarga mulai anak-anak hingga dewasa, serta alat berat (ekskavator).

Sementara itu, pos pengungsian berada di halaman rumah dan joglo kediaman Kepala Desa Ngetos yang saat ini ditempati sebanyak 147 jiwa. "Posko pengungsian di rumah Pak Kades di Dusun Selopuro RT 01 - RW 06, Desa Ngatos," kata Yanuar.

Baca juga: 4 Warga Terjebak Longsor di Nganjuk Ditemukan, 2 Meninggal Dunia

BPBD Nganjuk, kata dia, bersama Tim Reaksi Cepat (TRC), sukarelawan, dan pemerintah melakukan pendataan di lokasi kejadian, mengevakuasi warga, menyediakan pos pengungsian dan penanganan korban luka.

Prakiraan Cuaca BMKG

Pada bagian lain, prakiraan cuaca Nganjuk tertera dalam peringatan dini tiga harian Jawa timur, yang dikeluarkan BMKG Juanda Surabaya. Dalam tabel yang diunggah di akun Instagram @infobmkgjuanda, Nganjuk akan diguyur hujan deras disertai angin kencang bersama sejumlah daerah lainnya.

Seperti di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Trenggalek, Kota/Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sumber: Antara, Detik.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom