Tim Gabungan di Bulu dan Mojolaban Gencarkan Patroli Tegakkan Prokes

Sasaran patroli yakni menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang masih beraktivitas malam agar tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), terutama saat berada di luar rumah.

Rohmah Ermawati - Solopos.com
Senin, 17 Januari 2022 - 14:05 WIB

SOLOPOS.COM - Tim gabungan mengimbau masyarakat di Mojolaban, Sukoharjo, agar mematuhi protokol kesehatan. (sukoharjokab/go.id)

Solopos.com, SUKOHARJO — Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 2 di wilayah Kabupaten Sukoharjo masih diperpanjang. Menindaklanjuti kebijakan itu, patroli dan imbauan protokol kesehatan malam hari masih dintensifkan di wilayah kecamatan di kabupaten bersemboyan Makmur, di antaranya di Mojolaban serta Bulu.

Patroli serta operasi yustisi gabungan untuk menegakkan PPKM Level 2 dilaksanakan pada malam hari oleh tim gabungan yang terdiri atas anggota Koramil 10 Mojolaban, Polsek Mojolaban beserta Satpol PP setempat. Sasaran patroli yakni menyampaikan imbauan kepada masyarakat Mojolaban yang masih beraktivitas malam agar tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), terutama saat berada di luar rumah.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan tim gabungan dalam operasi yustisi di Mojolaban itu di antaranya menyambangi kerumunan warga dan mengimbau untuk tetap beraktivitas dengan aman, lengkapi diri dengan masker serta hindari kerumunan, serta mengingatkan para pedagang agar tetap menerapkan prokes di lingkungan usahanya.

Baca juga: Sedih, 2 Tahun Pemkab Sukoharjo Tak Peroleh PAD dari Sektor Pariwisata

“Kepada warga juga kami imbau agar mengurangi aktivitas malam yang tidak perlu, lakukan aktivitas malam di luar rumah jika hanya ada kebutuhan mendesak saja,” ucap Pelda Sukardi yang turut melaksanakan operasi yustisi pekan lalu, seperti dikutip dari laman sukoharjokab.go.id, Senin (17/1/2022).

Pengawasan dan Pemantauan Prokes

Sementara itu di Bulu, aparat gabungan baik dari Koramil 03 Bulu maupun dari Polsek Bulu intensif melaksanakan patroli malam sambil memberikan edukasi kepada segenap warga Bulu, Sukoharjo.

Setiap malam aparat gabungan melaksanakan patroli, selain untuk menjaga kondusivitas wilayah juga melaksanakan pengawasan dan pemantauan pelaksanaan prokes warga masyarakat, memastikan prokes tetap dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Asyik! BST Koridor 5 Sukoharjo Beroperasi Penuh per 17 Januari 2022

Seperti pada Jumat (14/1/2022) malam, sekitar pukul 20.00 WIB aparat menyambangi desa-desa di wilayah kecamatan Bulu, di antaranya di Desa Kamal, Puron dan Malangan. Saat menyambangi pos kamling warga desa, tim menemukan warga tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Selain itu petugas juga menghampiri rumah warga yang sedang melaksanakan hajatan. Ini menjadi tugas para aparat untuk mengingatkan bahwa pandemi ini belum berakhir, warga diminta tetap patuhi prokes dan tidak boleh lengah meski kasus Covid-19 tengah menurun.

“Masyarakat tidak boleh abai dan acuh tak acuh dengan protokol kesehatan akhir-akhir ini karena kasus tengah menurun, menganggap semuanya sudah terkendali dan dalam keadaan aman, sehingga lengah tidak melaksanakan protokol kesehatan, tidak boleh mengabaikan adanya kerumunan dan tindakan-tindakan pelanggaran prokes lainnya, ini menjadi tugas kita untuk mengingatkan dan mendisiplinkan kembali,” jelas Sertu Setiyono, Babinsa Koramil 03 Bulu.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Booster di Sukoharjo Dimulai 19 Januari 2022

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif