Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SEMARANG–Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam. Di Kota Atlas, kuliner yang dituju jatuh pada menu ikan kakap laut berukuran jumbo di Warung Makan Spesial Seafood Pak Sangklak di Jl. Telaga Mas Raya B1 Panggung Lor, Semarang Utara.

Sebelum santap malam di Seafood Pak Sangklak, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 telah merampungkan perjalanan di hari perdana ekspedisi, Sabtu (4/12/2021).

Begitu dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, tim ekspedisi bertolak ke Bugel, Salatiga guna melihat lebih dekat usaha Naruna Ceramic milik Roy Wibisono.

Berikutnya, tim ekspedisi memotret semangat petani milenial yang tergabung dalam Kelompok Tani Citra Muda di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Para petani milenial di Getasan memanfaatkan lahan 10 hektare untuk mengembangkan sayuran organik.

Hasil dari sayuran itu dipasarkan secara online, yakni melalui medsos. Di lokasi tersebut juga terdapat Kopeng L300 Community (KLC) yang beranggotakan para petani dan sopir Mitsubishi L300.

Dari Kabupaten Semarang, tim ekspedisi langsung menginap di Hotel Triizz di Kota Semarang. Sebelum chek in, tim ekspedisi berburu kuliner di Kota Atlas.
Di tengah udara dingin di Semarang karena masih diguyur hujan, tim ekspedisi mengalihkan perhatiannya untuk mencicipi seafood alias makanan laut.

Pilihannya jatuh di warung makan seafood yang sudah lama eksis di Kota Atlas, yakni Spesial Seafood Pak Sangklak di Jl. Telaga Mas Raya B1 Panggung Lor, Semarang Utara. Begitu tim ekspedisi tiba di lokasi ini, pengunjung sudah berjubel.

Maklum, saat tersebut bersamaan dengan momentum weekend. Menu makanan di warung makan ini sebenarnya hampir sama dengan warung seafood pada umumnya. Hal itu seperti kepiting telur, kepiting jantan, cumi-cumi, dan udang.

Ikan Kakap Laut jumbo
Reporter Solopos.com, Ponco Suseno, menunjukkan ikan kakap laut jumbo di Warung Makan Pak Sangklah, Semarang

Di dalam daftar menu terdapat juga ikan kakap laut. Jenisnya ada dua, yakni kakap putih dan kakap merah. Harga ikan kakap senilai Rp13.000 per ons. Begitu disajikan, ikan kakap yang dipesan tim ekspedisi ternyata berukuran jumbo.

Satu ekor ikan kakap laut itu memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Saking besarnya, piring yang digunakan menampung ikan kakap laut itu tidak muat.

“Ikan kakapnya besar sekali. Beda dengan ikan kakap yang hidup di air tawar. Rasanya tetap mantul dan awet kenyang,” kata salah satu Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Mustofa, 50, Sabtu (4/12/2021) malam.

Owner Warung Seafood Pak Sangklak Semarang, Puji Lestari, 32, mengatakan ukuran ikan kakap yang dijual di warungnya tergolong cukup besar. Hal itu sesuai dengan ikan yang dipasok dari nelayan asal Kendal.

“Kebetulan saat ini musim ombak di lautan, ikannya susah [sulit mencari ikan]. Jadi, kami mengambil ikan yang sudah ready. Akhirnya yang besar-besar kami ambil untuk dijual. Umumnya berukuran enam ons. Tapi ikan kakap yang kami jual sekarang ini rata-rata satu kilogram,” katanya.

Selain ikan kakap berukuran jumbo, lanjut Puji Lestari, menu makanan di warungnya yang sering dipesan pelangganya, yakni srimping. Di tabel menu, harga satu kilogram srimping senilai Rp90.000. “Srimping itu yang gepeng-gepeng. Wujudnya seperti kerang. Itu yang paling ramai di sini,” katanya.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group memperoleh dukungan penuh dari beberapa sponsor. Masing-masing BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata.

Berita Terkait

Berita Terkini

20 Jalan Bersimpangan Tol, Pemkab Klaten Ingin Konstruksi Tahan Gempa

Pemkab mengusulkan agar konstruksi pada ruas jalan kabupaten yang bersimpangan dengan jalan tol berupa konstruksi jembatan, bukan box culvert.

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tahun Ini, Bawaslu Solo Panaskan Mesin

Bawaslu Kota Solo sudah mulai bersiap menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai pada 2022 ini, salah satunya memetakan potensi pelanggaran.

8 Keluarga di Klaten Ini Dikepung Sungai dan Jalan Tol Solo-Jogja

Sekitar 14 jiwa di Dukuh Pasekan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Klaten, tinggal pada satu kompleks yang dikepung sungai dan jalan tol Solo-Jogja.

Sepekan 9.069 Wong Sukoharjo Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi booster di Sukoharjo dicanangkan saat kunjungan kerja Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Griya Sejahtera, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, pada 19 Januari 2022.

Untung Maksimal, Porang Jadi Primadona Petani Jatisari Wonogiri

Penanaman dan perawatan porang mudah, tetapi petani bisa memperoleh keuntungan usaha yang besar.

BLK Boyolali Buka 6 Program Pelatihan Kerja Gratis, Buruan Daftar Lur

Walaupun lokasi pelatihan berada di BLK Boyolali, namun peserta yang ingin mendaftar diperbolehkan dari luar Boyolali.

Anak Disabilitas Korban Pemerkosaan di Tanon Sragen Dipindahkan ke Solo

Anak disabilitas di bawah umur asal Tanon, Sragen, korban pemerkosaan bersama keluarganya dipindahkan ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Solo.

Kasus Pencabulan Anak Disabilitas di Tanon Bukan yang Pertama di Sragen

Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) pernah menangani empat kasus pencabulan dengan korbannya adalah anak disablitas (keterbelakangan mental) di Sragen.

5 Sampel Swab Satu Keluarga di Sukoharjo Dicek WGS

Keluarga tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, namun berdasarkan hasil swab PCR, CT value mereka kurang dari 30.

Tarif Manahan dan Sriwedari Diprotes, Gibran: Silakan Ajukan Keringanan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjanji memberikan keringanan bagi yang mengajukan keberatan mengenai tarif sewa atau penggunaan fasilitas di Stadion Manahan dan Sriwedari.

Pembangunan Telaga Madirda Diduga Menyimpang, Kejari Turun Tangan

Kejari Karanganyar menyelidiki dugaan adanya penyimpangan dalam proyek pengembangan Telaga Madirda oleh BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Hujan Disertai Angin, 2 Bangunan Telaga Rindu Resto Lalung Roboh

Bangunan Telaga Rindu Resto di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar roboh diterjang hujan disertai angin.

Sukses Ubah Citra Kemukus, Bupati Siap Bongkar 2 Tempat Lokalisasi Lain

Bupati Sragen akan membongkar Pasar Nglangon dan Pasar Joko Tingkir untuk menghilangkan citra buruk sebagai tempat lokalisasi terselubung.

Polisi Sukoharjo Bekuk Penipu Berkedok Jual Minyak Goreng Murah

Penangkapan berawal dari laporan salah satu korban ke personel Satreskrim Polres Sukoharjo yang mengaku tertipu Rp58 juta lantaran termakan iming-iming memperoleh minyak goreng murah.

Petugas Sampah Kelurahan Solo Pakai Trik Ini demi Hindari Antre di TPA

Antrean kendaraan pengangkut sampah di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, terjadi hampir setiap pagi membuat petugas sampah kelurahan mencari cara menghindarinya.