Tim Ekspedisi Ekonomi Digital Jelajahi Semarang, Intip Digitalisasi Kesehatan

Hari kedua, Minggu (5/12/2021), Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di Prodia dan XL Axiata yang menjadi tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiMengapa Penangkapan Pengguna Narkotika Tak Mengurangi Kasus

Solopos.com, SEMARANG–Perjalanan memotret ekonomi digital yang dilakukan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group berlanjut di hari kedua, Minggu (5/12/2021). Tim  bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di sektor kesehatan dan telekomunikasi. Semarang merupakan tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

Di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini, Tim ekspedisi fokus memotret digitalisasi layanan kesehatan di Prodia yang ditawarkan kepada konsumen. Begitu pula pengembangan infrastruktur yang digencarkan perusahaan telekomunikasi XL Axiata guna menopang sektor riil lainnya sehingga menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program Solopos Media Group yang didukung oleh BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri24, Prodia, dan XL Axiata. Ekspedisi dilaksanakan selama enam hari mulai 4 Desember-9 Desember. Tim ekspedisi bakal mengunjungi lima kota yakni Solo, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 7,4 di Larantuka, BMKG Sebut Berpotensi Tsunami

Ada beragam alasan, mengapa Prodia dan XL Axiata dipilih menjadi sasaran peliputan. Sebagai laboratorium kesehatan klinik lengkap dan terbesar di Indonesia, Prodia berupaya mempersembahkan pemeriksaan kesehatan dan layanan terbaik kepada konsumen. Layanan Prodia terus berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Di era globalisasi, beragam layanan pemeriksaan kesehatan harus inovatif dan adaptif guna menghadirkan pelayanan prima kepada konsumen. Layanan digital Prodia dilakukan untuk menangkap peluang pasar sekaligus memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Tim juga akan mengulas pengembangan infrastruktur dan investasi XL Axiata yang telah direalisasikan guna mendukung ekonomi digital. Dukungan XL Axiata sebagai penyedia jasa telekomunikasi sangat dibutuhkan sektor riil lainnya demi membentuk ekosistem ekonomi digital yang lebih kokoh.

Baca juga: Mengenal Ragam Keris seperti Hadiah Gubernur Ganjar

Gaya Hidup Digital

Terlebih, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Pesatnya teknologi mengubah gaya hidup manusia di tengah gerusan pandemi Covid-19. Kepala Perwaklilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan kesadaran atas peran digitalisasi tak hanya dilakukan pelaku bisnis melainkan pemerintah daerah.

Saat ini, pemerintah telah menerbitkan keputusan presiden (Kepres) No 3/2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Dalam aturan itu disebutkan setiap pemerintah daerah diwajibkan membentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD).

Baca juga: Aktivitas Belajar Anak-Anak Korban Erupsi Gunung Semeru

“Ini kesadaran di level pemerintah untuk memperluas digitalisasi di wilayahnya masing-masing. Digitalisasi harus terus digelorakan. Kalau tidak bisa beralih berjualan secara online, minimal melengkapi,” kata dia.

Setelah beragam agenda liputan di Semarang rampung, tim langsung berangkat menuju Jakarta. Perjalanan Semarang-Jakarta melalui jalur tol diperkirakan membutuhkan waktu perjalanan selama enam jam-tujuh jam. Tim diperkirakan tiba di Ibukota pada Minggu malam.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kalimantan Lebih Kaya dari Jawa

Jin buang anak merujuk kepada istilah untuk menunjukkan suatu daerah yang jauh dari keramaian, sepi, dan terbelakang dari sisi ekonomi.

Salim Said: Jokowi Dikuasai Oligarki, Praktikkan Nepotisme

salah satu bentuk ketidakberdayaan Jokowi menghadapi oligarki adalah diberikannya kekuasaan yang sangat besar kepada Luhut Binsar Panjaitan.

Kian Banyak Kritikan, Ini Curahan Hati Ustaz Yusuf Mansur

Salah satu yang disoroti Yusuf Mansur adalah kian banyaknya akun di media sosial yang mengkritik dirinya.

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Jos! Polri Sita Aset BLBI Senilai Rp5,9 Triliun

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, total aset tersebut berupa pengamanan dan penguasaan fisik dari aset yang dimiliki oleh obligor atau debitur dana BLBI.

60 Pegawai Positif Covid-19, Kemensos Lockdown 5 Hari

Kemensos pun memberlakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/1/2022) hingga Senin (31/1/2022).

Wow! Logam Lumpur Lapindo Cocok untuk Pesawat Luar Angkasa

Kandungan logam lumpur Lapindo bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mobil listrik hingga pesawat luar angkasa.

Sering Dikritik, Yusuf Mansur Doakan Yang Terbaik untuk Edy Mulyadi

Edy Mulyadi adalah salah satu orang mengkritik investasi Yusuf Mansur yang kini digugat sebagian investor.

Kasus Jin Buang Anak, Polisi Hadirkan 8 Saksi Ahli

Kasus jin buang anak yang menjerat wartawan senior sekaligus seorang Youtuber, Edy Mulyadi telah bergulir ke tingkat penyidikan.

Kongkalikong Bupati Kotim dan Dirjen Kemendagri di Korupsi Dana PEN

Dirjen Kemendagri memiliki kewenangan menyusun surat pertimbangan Menteri Dalam Negeri atas permohonan pinjaman dana PEN yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Foto Airlangga-Khofifah Beredar, Pengamat: Tes Ombak

Kelompok tertentu ingin mengetes ombak untuk melihat sejauh mana respons publik terkait dengan bakal pasangan calon pada Pilpres 2024.

Ahok Calon Kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Ahok menjadi calon kuat yang diusulkan PDIP kepada Presiden Joko Widodo.

Dalit, Kasta yang Haram Disentuh dalam Stratifikasi Masyarakat India

India hingga saat ini menjadi negara yang masih menerapkan sistem kasta dari kepercayaan tua agama Hindu.

Buntut Tragedi Maut Diskotik Sorong, 2 Orang Ditahan

Penyidik masih mencari pelaku lainnya, termasuk otak dari aksi pertikaian yang memicu tragedi diskotik di Sorong.