Tim Ekspedisi Ekonomi Digital Jelajahi Semarang, Intip Digitalisasi Kesehatan

Hari kedua, Minggu (5/12/2021), Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di Prodia dan XL Axiata yang menjadi tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SEMARANG–Perjalanan memotret ekonomi digital yang dilakukan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group berlanjut di hari kedua, Minggu (5/12/2021). Tim  bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di sektor kesehatan dan telekomunikasi. Semarang merupakan tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

Di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini, Tim ekspedisi fokus memotret digitalisasi layanan kesehatan di Prodia yang ditawarkan kepada konsumen. Begitu pula pengembangan infrastruktur yang digencarkan perusahaan telekomunikasi XL Axiata guna menopang sektor riil lainnya sehingga menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program Solopos Media Group yang didukung oleh BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri24, Prodia, dan XL Axiata. Ekspedisi dilaksanakan selama enam hari mulai 4 Desember-9 Desember. Tim ekspedisi bakal mengunjungi lima kota yakni Solo, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 7,4 di Larantuka, BMKG Sebut Berpotensi Tsunami

Ada beragam alasan, mengapa Prodia dan XL Axiata dipilih menjadi sasaran peliputan. Sebagai laboratorium kesehatan klinik lengkap dan terbesar di Indonesia, Prodia berupaya mempersembahkan pemeriksaan kesehatan dan layanan terbaik kepada konsumen. Layanan Prodia terus berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Di era globalisasi, beragam layanan pemeriksaan kesehatan harus inovatif dan adaptif guna menghadirkan pelayanan prima kepada konsumen. Layanan digital Prodia dilakukan untuk menangkap peluang pasar sekaligus memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Tim juga akan mengulas pengembangan infrastruktur dan investasi XL Axiata yang telah direalisasikan guna mendukung ekonomi digital. Dukungan XL Axiata sebagai penyedia jasa telekomunikasi sangat dibutuhkan sektor riil lainnya demi membentuk ekosistem ekonomi digital yang lebih kokoh.

Baca juga: Mengenal Ragam Keris seperti Hadiah Gubernur Ganjar

Gaya Hidup Digital

Terlebih, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Pesatnya teknologi mengubah gaya hidup manusia di tengah gerusan pandemi Covid-19. Kepala Perwaklilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan kesadaran atas peran digitalisasi tak hanya dilakukan pelaku bisnis melainkan pemerintah daerah.

Saat ini, pemerintah telah menerbitkan keputusan presiden (Kepres) No 3/2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Dalam aturan itu disebutkan setiap pemerintah daerah diwajibkan membentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD).

Baca juga: Aktivitas Belajar Anak-Anak Korban Erupsi Gunung Semeru

“Ini kesadaran di level pemerintah untuk memperluas digitalisasi di wilayahnya masing-masing. Digitalisasi harus terus digelorakan. Kalau tidak bisa beralih berjualan secara online, minimal melengkapi,” kata dia.

Setelah beragam agenda liputan di Semarang rampung, tim langsung berangkat menuju Jakarta. Perjalanan Semarang-Jakarta melalui jalur tol diperkirakan membutuhkan waktu perjalanan selama enam jam-tujuh jam. Tim diperkirakan tiba di Ibukota pada Minggu malam.

Berita Terkait

Espos Plus

Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

+ PLUS Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

Kesukaleraan menjalani rehabilitasi lebih efektif mengentaskan pencandu narkoba. Pendekatan hukum acap kali membuat pengguna narkoba tiarap dan enggan melaporkan diri ke institusi penerima wajib lapor.

Berita Terkini

+ PLUS Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

Kesukaleraan menjalani rehabilitasi lebih efektif mengentaskan pencandu narkoba. Pendekatan hukum acap kali membuat pengguna narkoba tiarap dan enggan melaporkan diri ke institusi penerima wajib lapor.

Lokasi Kecelakaan Maut di Simpang Rapak Balikpapan Disebut-sebut Rawan

Kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kaltim, Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA disebut-sebut rawan kecelakaan.

Menteri LHK Siti Nurbaya Surati Semua Gubernur soal Perubahan Iklim, Ini Isinya

Perpres No. 98/2021 telah diundangkan sebagai implementasi pengendalian perubahan iklim serta untuk mendorong dan menata pemanfaatan Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

+ PLUS Angka Putus Kuliah Masih Tinggi, Alasan Bantuan UKT Perlu Dilanjutkan

Penyaluran bantuan uang kuliah tunggal [UKT] perlu terus digulirkan mengingat angka putus kuliah yang tergolong tinggi.

Polisi Sebut Korban Meninggal Kecelakaan Maut di Balikpapan 4 Orang

Polisi merevisi data korban meninggal akibat kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kaltim, Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA.

Kecelakaan Maut Balikpapan, Begini Pengakuan Sopir Truk Tronton

Sopir truk tronton yang terlibat kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kaltim menuturkan kejadian sebelum kecelakakan.

Innalillahi! Truk Tronton Tabrak 20 Mobil dan Motor, 5 Orang Meninggal

Kecelakaan maut terjadi di lampu merah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA sehingga menyebabkan 5 orang meninggal, 1 orang kritis, dan 13 orang luka berat.

Heroik! Warga Tonga Selamat dari Tsunami Seusai Berenang 27 Jam di Laut

Seorang pria warga Tonga bernama Lisala Folau, 57, mengaku berenang sekitar 27 jam setelah tersapu ke lautan selama tsunami dahsyat pada Sabtu (15/1/2022).

Bantah Tuduhan KPK, Begini Respons Hakim PN Surabaya Pascaterjaring OTT

Hakim PN Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, menolak tuduhan KPK pascaterjaring OTT terkait kasus suap yang menjeratnya saat ini.

Begini Kronologi OTT KPK Kasus Suap Hakim dan Panitera PN Surabaya

KPK membeberkan kronologi OTT kasus suap melibatkan hakim dan panitera pengganti di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada Rabu (19/1/2022).

10 Berita Terpopuler: Pesona Kemukus Sragen dan Kunker Puan ke Soloraya

Ulasan rombongan 12 bus pariwisata dari Magelang mengunjungi Gunung Kemukus di Sragen, Rabu (19/1/2022) dan kunker Puan Maharani ke Soloraya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Solopos Hari Ini: Tantangan Meramaikan Pasar Legi

Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo.

Kabar Duka, Siswa Terjatuh ke Laut Saat PKL di Kapal

Siswa SMK itu diduga terjatuh saat melakukan aktivitas di kapal, dan pada saat bersamaan cuaca sedang hujan.

Ini Kode Praktik Suap yang Dipakai Hakim dan Panitera PN Surabaya

Komunikasi di antaranya dilakukan melalui sambungan telepon dengan menggunakan istilah “upeti” untuk menyamarkan maksud dari pemberian uang.

Terburu-Buru Mewujudkan Ibu Kota Baru Negara

Pembahasan hingga pengesahan RUU IKN menjadi undang-undang hanya butuh waktu 42 hari. Lokasi calon ibu kota baru bukan daerah tak bertuan. Di sana banyak konsesi pertambangan dan kehutanan.

+ PLUS Studi Kasus Pelakor Serta Alasan Pria Memilih Berselingkuh

Sejumlah wanita yang mendapat label pelakor blak-blakan menyangkut hubungan terlarang dengan suami orang menjadi objek penelitian.