SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

 

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

JOGJA-Tim pecinta alam dari Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik UGM, Avante berhasil menjuarai Kompetisi Internasional TOTAL Sky Grant, Kamis (14/2/2013).

“Tim Avante UGM merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia dan berhasil mengalahkan berbagai tim yang berasal dari berbagai negara di penjuru dunia,” kata Cecep Setiawan salah satu anggota tim, dalam siaran persnya, Jumat (22/2/2013).

Selain Cecep, tim yang diisi Azmi Azmi Husen, Prisma Megantoro, Anastasia Putry, Fajar Anggara dan Moh. Faza Rosyada itu menampilkan judul penelitian “A new energy for Karimunjawa”. Adapun dasar pemilihan lokasi menurut Cecep, adalah permasalahan energi di Pulau Karimunjawa yang sangat kompleks.

“Selain keterbatasan suplai, harga bahan bakar juga relatif mahal karena proses transportasi yang cukup sulit,” imbuhnya.

Sementara Koordinator tim Rifki Dwi Prabowo mengatakan project yang mereka gagas tetap mengacu pada prinsip ramah lingkungan, aman dan sustainable. Pengangkatan air dengan tenaga surya yang mereka gagas, imbuh Rifki, menggunakan beberapa peralatan seperti pompa DC Submersible, controller MPPT 30 A/12/24, serta 6 panel surya
50 Wp 16,7V.

“Airnya sementara disalurkan untuk satu-satunya puskesmas yang ada di Karimunjawa,”paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya