Tiktok Jadi Aplikasi Terlaris dan Lebih Cuan Dibanding Youtube
Ilustrasi Tiktok. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-- Platform media sosial Tiktok memang sangat populer dan banyak digunakan warganet. Tak hanya di negeri asalnya, China, sebagian besar masyarakat dunia termasuk Indonesia juga mengunduh aplikasi ini.

Mengutip dari katadata.co.id, Sensor Tower menyebutkan jumlah unduhan terbanyak justru dari India, yakni 611 juta dalam jangka waktu sekitar empat tahun (2017 sampai dengan kuartal I-2020). Tiongkok berada di posisi kedua dengan 196,6 juta unduhan. Lalu, Amerika Serikat di posisi ketiga dengan 165 juta unduhan.

Karena kepopulerannya ini, Tiktok bahkan dinobatkan sebagai aplikasi non-game terlaris di seluruh dunia per November 2020. Tak hanya itu, Tiktok juga mendulang lebih banyak Cuan alias untung dibanding dengan Youtube, jika dilihat dari pendapatan.

Cegah Persebaran Covid-19, Petugas Terminal Ir. Soekarno Klaten Cek Suhu Tubuh Pemudik

Dalam laporan terbaru Sensor Tower, menyebutkan bahwa Tiktok pada bulan November kemarin, para penggunanya diperkirakan mengeluarkan lebih dari USD 123 juta atau setara Rp1,7 triliun. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, ada kenaikan 3,7 kali lipat.

Hal ini merupakan hasil akumulasi dari para pengguna yang smartphone berbasis Android dan iOS. Berbeda dengan App Store, yang menampilkan Tiktok sebagai rajanya. Aplikasi video pendek ini justru berada di urutan kesepuluh di Play Store.

Pendapatan

Sensor Tower mengungkapkan 85% pendapatan Tiktok ini bersumber dari pengguna mereka yang berada di Douyin, China. Kemudian, diikuti 8% pengguna yang berasal dari Amerika Serikat dan 2% dari Turki.

Sementara itu, Youtube yang dikenal sebagai platform video yang sudah pendahulu dari Tiktok berada di urutan kedua secara keseluruhan sebagai aplikasi non-game terlaris per November 2020. Estimasi pendapatan yang dikantongi Youtube ini mencapai USD 88 juta atau Rp1,2 triliun.

Bisnis Dessert Box Undang Peluang Lebar

Sensor Tower mengatakan Youtube mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 59%. Keuntungan anak perusahaan Google ini datang dari pengguna mereka dari Amerika Serikat sebanyak 53%, lalu 11% dari Jepang.

Dalam survei tersebut, juga ditampilkan aplikasi terlaris non-game di peringkat ketiga dan seterusnya per November 2020, seperti Tinder, Disney+, Tencent Video, iQIYI, Piccoma, Google One, Netflix, dan Bigo Live.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom