SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA – Pakar bidang transportasi umum Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Munawar menilai sistem tiket sangat efektif untuk melayani masyarakat dalam hal kebutuhan transportasi umum.

Sebagai penjelasnya, Ahmad memberikan gambaran mengenai penggunan tiket pada transportasi umum di Jerman yang menggunakan sistem berkala seperti mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan sistem ini, masyarakat akan mendapat diskon tertentu ketika menggunakan layanan publik. Masyarakat pun, lanjutnya, tidak perlu menunggu lama ketika menunggu transportasi umum.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Kita bisa meniru sistem tersebut untuk diterapkan di sini (Jogja),” paparnya memberikan gagasan dalam diskusi bertema Community Building Towards the ASEAN Social and Cultural Community 2015, di Student Lounge Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Kamis
(18/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Kota-kota di Indonesia seperti Jogja, katanya, sistem ini belum pernah diterapkan. Alasannya lebih pada jaringan transportasi yang
kurang luas dan infrastruktur lain yang belum siap.

“Ini bisa digunakan untuk Transjogja agar masyarakat familiar dengan angkutan tersebut,” tandasnya.

Ia menambahkan penggunaan sistem tiket ini menjadi salah satu cara untuk menuju ASEAN Social and Cultural Community 2015.

Sementara itu, Ketua Panitia Birgitta Puspita mengatakan, diskusi bertema Community Building Towards the ASEAN Social and
Cultural Community 2015 merupakan upaya mahasiswa turut memberikan gagasan dalam upaya menyongsong Asean Community
2015.

Puspita berharap Indonesia bisa belajar dari negara-negara Eropa dari berbagai aspek seperti politik, budaya, dan ekonomi. Harapannya, dengan belajar dari negara tersebut, Indonesia bisa membangun komunitas di wilayahnya sendiri.

“Ini merupakan event pertama dan akan dijadikan menjadi event tahunan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya