SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tiket Pesawat (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO – Harga tiket pesawat rute Jakarta-Solo terpantau turun sejalan dengan target pemerintah untuk menggenjot kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara pada 2023.

Penurunan harga tiket pesawat juga mendongkrak sektor pariwisata di Solo terutama saat event atau peak season.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah berupaya menekan tarif tiket angkutan udara atau pesawat terbang guna menekan laju inflasi dan mendongkrak tingkat konsumsi rumah tangga.

Hal ini juga bagian dari upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik mapun turis asing. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan kunjungan wisatawan domestik dan turis asing sebanyak 8,5 juta orang.

Di Solo, harga tiket pesawat murah berimplikasi pada melonjaknya tingkat kunjungan wisatawan saat peak season dan event atau kegiatan yang menyedot massa dalam jumlah besar. Para wisatawan tersebut menggunakan pesawat terbang menuju Kota Bengawan.

“Penurunan harga tiket pesawat murah jelas berdampak pada sektor pariwisata di Solo. Contoh yang paling konkrit saat long weekend atau konser musik yang menampilkan artis atau grub band papan atas di Solo,” kata Ketua  Ketua DPC Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Soloraya sekaligus anggota Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Jawa Tengah, Andri Ridya Putra saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (10/6/2023).

Andri menyebut para travel agen menyongsong kebangkitan pariwisata di Solo seiring dibukanya destinasi wisata baru pada awal tahun. Misalnya, Solo Safari, Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran hingga Masjid Raya Syeikh Zayed Solo yang paling banyak menyedot wisatawan domestik.

Guna memperkuat sektor pariwisata yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi perlu dibuka rute penerbangan dari luar negeri menuju Solo.

“Mungkin bisa rute Singapura-Solo atau Kuala Lumpur-Solo. Di Bandara Internasional Yogyakarta, rute penerbangan menuju Kuala Lumpur selalu ramai setiap hari. Ini catatan untuk pengembangan pariwisata di Soloraya,” papar dia.

Pantauan Espos di platform penjualan tiket online, harga tiket pesawat untuk keberangkatan Kamis (15/6/2023) dibanderol Rp591.000 menggunakan maskapai Air Asis. Sedangkan maskapai Lion Air menawarkan harga tiket pesawat dengan keberangkatan dan tujuan sama di kisaran Rp634.600-Rp677.700. Sebelumnya, harga tiket pesawat rute Jakarta-Solo di kisaran Rp800.000-Rp900.000.

Peningkatan pergerakan penumpang domestik juga tercermin dari data Badan Pusat Statitik (BPS) Solo pada April. Jumlah penumpang pesawat yang datang di Bandara Adi Sumarmo pada sebanyak 53.860 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 30,20 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 41.368 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya