SOLOPOS.COM - Pengumuman pendaftaran mudik gratis 2023. (Istimewa/IG @kemenhub151).

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan membeberkan perkembangan tiket mudik gratis yang diselenggarakan di masa Angkutan Lebaran 2023, baik untuk bus, kapal, maupun kereta api.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Media Briefing bertema Persiapan Angkutan Lebaran: Update Penyelenggaraan Program Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Promosi DigiTiket, Solusi Digitalisasi Bisnis Usaha Wisata Kecil Menengah dari Telkom

Dilansir dari situs https://dephub.go.id/, narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi, Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto, serta Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono.

Program tiket mudik gratis Lebaran 2023 baik untuk bus, kereta api, maupun kapal menjadi salah satu upaya pemerintah mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini.

Khususnya pengguna sepeda motor yang diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Terkait tiket mudik gratis Lebaran 2023 yang mengangkut penumpang dengan bus dan sepeda motor dengan truk, Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto menjelaskan pendaftaran ditutup sejak, Senin (13/3/2023).

Penutupan pembelian tiket mudik gratis Lebaran 2023 dengan bus dikarenakan kuota yang disediakan sudah terpenuhi. Total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Namun demikian, Suharto mengungkapkan, masih ada kemungkinan pendaftaran tiket bus gratis untuk mudik Lebaran 2023 akan dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi. “Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” tuturnya.

Suharto mengimbau masyarakat yang telah mendaftar tiket mudik gratis Lebaran 2023 dengan bus, untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan.

Validasi dilakukan maksimal 7 hari setelah pendaftaran. Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di lima titik antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi.

Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono, menjelaskan, sejak dibuka pendaftarannya pada 1 Maret 2023 lalu, hingga kini jumlah total yang telah terdaftar sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor.

Jumlah pendaftar tiket mudik gratis Lebaran 2023 itu terdiri atas mudik dengan bus, kereta, maupun kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya