SOLOPOS.COM - Candi Borobudur. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketika ramai pembahasan warganet terkait tiket masuk Candi Borobudur jadi Rp750.000, banyak warganet membandingkan dengan Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja. Angkor Wat dibangun di masa Dinasti Raja Suryavarman II.

Pada awal pembangunannya, Angkor Wat merupakan candi Hindu. Menjelang akhir abad ke-12, sedikit demi sedikit Angkor Wat diubah dari sebuah pusat peribadatan agama Hindu menjadi pusat peribadatan agama Buddha. Fungsi baru ini bertahan sampai sekarang.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Sama-sama terkenal di dunia, tidak sedikit warganet pun membandingkan tiket masuk Candi Borobudur dengan Angkor Wat.  Sebelumnya rencana perubahan tarif masuk candi Buddha tersebut dikemukakan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Marivest), Luhut Binsar Pandjaitan, saat berkunjung ke Candi Borobudur, Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga: Bakal Dibanderol Rp750.000, Ini Harga Tiket Candi Borobudur Saat Ini

 

tiket masuk candi borobudur
Sejumlah turis sedang menyaksikan sunrise di Angkor Wat, Kamboja. (Solopos.com/Astrid Prihatini W.D.)

Mengutip wander_lush.org, Kamis (9/6/2022), harga tiket Angkor Wat Kamboja terbagi menjadi beberapa kategori. Misalnya 1 Day Angkor Pass  yang bisa berlaku dua hari seharga US$59,89.

Lalu, tiket 3 Day Angkor Pass yang bisa digunakan 5 hari seharga US$91,35. Sementara 7 Day Angkor Pas yang bisa digunakan 101 hari sebesar US$103,85.

Dengan kurs US$1 adalah Rp14.500  maka harga tiket masuk untuk 1 Day Angkor Pas dengan pembelian online sebesar Rp868.405. Sementara jika membeli tiket dari kantor tiket sebesar Rp536.500.

Baca Juga: Pengunjung Candi Borobudur Jadi Masalah, Begini Kajian Perilaku Mereka

Tiket itu tak berlaku untuk anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun. Anak-anak tak dikenai biaya alias gratis, namun butuh paspor untuk membuktikan usia mereka.

Menurut Wander Lush, ada pula opsi membeli tiket secara langsung di Kantor Tiket Angor Wat di Kota Siem Reap.  Namun, sisi negatifnya ada banyak perjuangan yang harus dilalui. Seperti perjalanan ke kantor, menunggu antrean dan bisa ketinggalan waktu untuk pergi ke taman saat matahari terbit.

Untuk atraksi, sama seperti Candi Borobudur, turis juga bisa menikmati sunrise di Angkor Wat. Loket pembelian tiket buka dari jam 05.00 waktu setempat. Banyak wisatawan ingin melihat matahari terbit hingga mereka membeli tiket pada waktu bersamaan. Harga tiketnya US$37, US$62 hingga US$72.

Baca Juga: Pembagian Vertikal Candi Borobudur Cerminkan Tiga Tingkatan Dunia

Sementara Mantan Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, melalui Instagramnya pun sudah memberi tahu jika biaya masuk Angkor Wat memang lebih mahal dari Candi Borobudur.  “Buat Anda yang bilang bahwa tarif masuk ke Borobudur akan lebih mahal daripada tarif masuk ke Angkor War, sudah cek langsung, atau ASBUN (asal bunyi)?” ujar Triawan dalam ungguhan terbarunya di Instagram, Senin (6/6/2022)

“Harga tiket masuk Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja Rp864.422,- atau 59.89 dollar AS. Lebih mahal dari tarif tiket naik ke Candi Borobudur yang jelas-jelas lebih ‘Magnificent’ (indah atau agung),” terang Triawan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya