SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO–Tiket kereta api (KA) bisnis Solo-Jakarta untuk arus balik Lebaran, 22-26 Agustus 2012 ludes terjual pada Senin (28/5/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Kepala Stasiun Balapan Solo, Rustanto P, mengatakan tiket KA bisnis Senja Utama untuk perjalanan 22-26 Agustus atau H+2 sampai H+6 Lebaran terjual habis. Tiket tersebut terdeteksi lebih banyak dibeli dari luar stasiun.

“Lebih banyak yang beli di luar stasiun. Terutama untuk tiket bisnis, sekitar 90% beli dari luar stasiun. Stasiun buka jam 07.00 WIB, tiket sudah habis karena sudah habis di Indomaret, Alfamart, agen tiket atau call center,” terang Rustanto, saat dijumpai wartawan, di ruang kerjanya, Senin.

KA Senja Utama sendiri, di masa Lebaran direncanakan beroperasi dengan rangkaian penuh tujuh gerbong penumpang atau 420-an penumpang. Rustanto melihat minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi KA sangat tinggi. Meskipun, pada momentum tersebut tiket bisnis dijual dengan harga Rp250.000/seat, atau dua kali lipat harga di hari biasa yang hanya Rp120.000/seat.

Sementara itu, tiket KA eksekutif untuk arus balik Lebaran telah terjual 50%. Kecuali untuk 25-26 Agustus yang bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu, tiket hanya tersisa masing-masing 20%. Tiket KA eksekutif Solo-Jakarta, KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga juga dijual dengan harga dua kali lipat harga di hari biasa. Tiket KA eksekutif dijual Rp620.000/seat. Harga yang berlaku untuk tiket eksekutif mau pun bisnis mengikuti tarif batas atas.

Kecenderungan penumpang membeli tiket di luar stasiun juga diakui Kepala Humas PT KA Daop VI Jogja, Eko Budiyanto. Eko mengatakan membeli tiket di Kantor Pos, Indomaret, dan agen lain yang telah ditunjuk lebih menguntungkan karena penumpang tidak perlu antre di stasiun. Selain itu, layanan tiket juga telah dilayani sejak pukul 00.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya