SOLOPOS.COM - Antre tiket KA di Stasiun Solobalapan. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Antre tiket KA di Stasiun Solobalapan. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO–PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Jogja mulai mengantisipasi tingginya permintaan tiket kereta api untuk perjalanan musim Lebaran, dengan membuka loket pembelian pada Mei 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, berdasar ketentuan penjualan tiket kereta api terbaru, di mana tiket bisa dibeli H-90, maka untuk perjalanan saat tiba musim Lebaran yakni bulan Agustus 2012, sudah bisa dibeli di bulan Mei.

“Dan dari telegram terbaru yang kami terima dari kantor pusat kami di Bandung, per 1 Mei ini semua agen tiket online seperti Indomaret, sudah bisa melayani penjualan tiket mulai pukul 00.00 WIB. Petugas tiket pun wajib mencantumkan nama dan nomor identitas calon penumpang,” kata Eko, kepada solopos.com, Senin (30/4/2012).

Ia menjelaskan, selama ini penjualan tiket kereta api hanya bisa dilayani mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. “Tapi, mulai 1 Mei ini, beli tiket di agen online bisa dilayani 24 jam. Kalau di stasiun, tetap seperti biasanya.”

Sementara itu, terkait tiket perjalanan musim Lebaran, Eko pun menghimbau agar masyarakat bisa segera memesan tiket pada masa tersebut sejak jauh-jauh hari. Seperti diketahui, hari Lebaran jatuh pada tanggal 19 Agustus. Biasanya, arus mudik dimulai sepekan sebelumnya, atau berkisar 12 Agustus.

“Nah, jadi sekitar dua pekan lagi, saya sudah bisa memprediksi masyarakat akan mulai memburu tiket untuk mudik.”

Ia mengatakan, selama ini masyarakat atau calon penumpang kereta api masih lebih banyak membeli tiket melalui tiket di stasiun. “Kami sudah membuka fasilitas penjualan tiket lewat agen, tapi masyarakat sepertinya belum terbiasa. Calon penumpang masih suka antre di depan loket. Nah, dengan ketentuan baru ini mudah-mudahan bisa mengurangi antrean.”

Dia juga menjelaskan belum ada persiapan lain mengenai angkutan Lebaran. “Kalau untuk penambahan armada dan sebagainya belum kami bahas,” pungkas Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya