SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (Bumn.go.id)

Tiket mudik Lebaran H-5 H-6 masih tersedia.

Solopos.com, SOLO—Calon pengguna jasa kereta api (KA) belum berburu tiket perjalanan mudik Lebaran. Hingga Minggu-Senin (11-12/3/2018), yang merupakan jadwal pemesanan tiket untuk H-5 dan H-6 Lebaran, belum banyak tiket terjual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka penjualan tiket tersebut untuk KA reguler yang beroperasi di wilayah Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta. Berdasarkan kalender nasional, hari raya Idul Fitri jatuh pada 15-16 Juni 2018.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menetapkan masa angkutan Lebaran tahun ini berlangsung selama 22 hari, mulai 5 Juni (H-10) sampai 26 Juni 2018 (H+10). Calon penumpang bisa memesan tiket KA untuk jadwal reguler 90 hari sebelum keberangkatan (H-90). Waktu pemesanan tiket KA dimulai Rabu (7/3/2018) hingga 24 Maret 2018 mendatang.

Marcomm Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan promosi penjualan tiket KA untuk periode Lebaran sudah dilakukan, namun antusiasme pengguna jasa belum terlalu tinggi. (baca juga: GARUDA INDONESIA : Garuda Tidak Sediakan Extra Flight untuk Tiket Lebaran Dari dan Ke Jogja)

“Itu kebiasaan pelanggan. Biasanya mereka baru ribut-ribut cari tiket buat mudik Lebaran itu saat mulai [bulan] Puasa. Kalau sekarang masih sepi. Makanya kami imbau, untuk beli tiket jauh-jauh hari. Jangan mepet dengan waktu keberangkatan supaya tidak kehabisan,” kata Eko saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (12/3/2018).

Meskipun sudah ada yang berburu tiket Lebaran, Eko menyebut mereka datang dari segmen tertentu yang memang menyadari kebijakan PT KAI yang mulai membuka penjualan tiket H-90 sebelum keberangkatan.

“Coba nanti kami cek di hari Kamis [15/3/2018] yang merupakan pemesanan tiket untuk H-2 Lebaran. Prediksi kami puncak mudik adalah H-2 atau H-3, bisa jadi pada periode tersebut permintaan sudah tinggi,” ujar dia.

Selama masa angkutan Lebaran, PT KAI menyiapkan 236.210 kursi per hari untuk seluruh perjalanan KA di Jawa. Khusus di Daops VI/Yogyakata ada sembilan KA tambahan dengan kapasitas 9.440 kursi. KA tambahan tersebut beroperasi pada 4 Juni 2018 sampai 26 Juni 2018 dan pemesanan tiketnya dapat dilakukan mulai H-60 sebelum keberangkatan.

Dengan tambahan 40 KA fakultatif, jumlah perjalanan KA pada masa angkutan Lebaran tahun ini menjadi 393 KA/hari atau naik 4% dibandingkan 2017 lalu sebanyak 379 KA/hari. Sedangkan untuk kapasitas tempat duduk sebanyak 236.210 kursi/hari, naik 3,5% dibandingkan 2017 sebanyak 228.158 kursi/hari.

Di sisi lain, PT KAI menawarkan program Weekday Holiday yakni tarif promo setiap Selasa dan Rabu, selama Maret dan April. Promo ini dibuka untuk menaikkan animo pengguna jasa angkutan KA saat weekday. Promo tarif tersebut menawarkan diskon hingga 50% dari tarif normal.

Mayoritas KA yang mendapatkan promo tarif Weekday Holiday adalah kereta rute Jogja-Jakarta. Namun, ada beberapa rute KA dari Solo yang juga menerapkan tarif promo, di antaranya KA Wijayakusuma rute Solo-Cilacap dan sebaliknya.

“Diskonnya macam-macam tergantung kelasnya, ada yang 30%, namun ada juga yang sampai 50%. Daftar tarifnya sudah ada semua kok di media promosinya,” imbuh Eko. Ketentuan tarif promo tersebut berlaku single tarif. Tarif promo juga berlaku parsial sesuai pengaturan masing-masing KA.

“Kalau untuk pemesanan tiket, seperti biasanya bisa di loket, aplikasi KAI Access, website KAI, dan channel eksternal kami, sampai dengan H-1 keberangkatan,” terang dia. Untuk tempat duduk dengan tarif promo yang tidak terjual pada hari keberangkatan, akan dilayani dengan tarif go show subclass tertinggi atau sesuai tarif pembelian langsung.

 

KA Tambahan yang melintasi Daop VI Jogja

Nama KA       Relasi             Jumlah rangkaian   Jumlah KA    Kapasitas

Argo Lawu     Gambir-Solo              1          2          1.000 seat

Argo Dwipangga      Gambir-Solo 1          2          1.000 seat

Taksaka         Gambir-Jogja            1          2          1.000 seat

Lodaya           Bandung-Solo          1          2          912 seat

Sancaka        Jogja-Surabaya        1          2          1.420 seat

Pasundan     Kiaracondong-Surabaya    2          2          1.368 seat

Matarmaja      Pasar Senen-Malang          2          2          1.792 seat



Kertajaya       Pasar Senen-Pasar Turi Surabaya          1          2          1.792 seat

Taksaka Pagi            Gambir-Jogja            1          2          1.000 seat

Mataram Premium   Pasar Senen-Lempuyangan         1          2          1.440 seat

Sumber : Humas PT KAI Daop VI/Jogja (haw)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya