SOLOPOS.COM - Penumpang turun dari kereta api di Stasiun Balapan, Solo, Rabu (29/4/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Tiket kereta api Prambanan Ekspress khusus hari ini gratis untuk jam tertentu

Harianjogja.com, KULONPROGO-PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan layanan tiket gratis KA Prameks jurusan Kutoarjo-Solo pada hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Senin (17/8/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masyarakat tampak antusias menyambut program tersebut. Tidak sampai setengah jam setelah loket dibuka pukul 07.00 WIB, tiket gratis di Stasiun Wates sudah ludes.

Layanan tiket gratis tersebut salah satunya dimanfaatkan Maryanto untuk mengajak keluarganya jalan-jalan ke Solo. Begitu loket dibuka, warga Wates itu langsung membeli enam tiket bertuliskan Rp0. “Anak-anak mau naik kereta karena memang belum pernah sama sekali,” katanya.

Hal serupa juga dilakukan calon penumpang lain bernama Wukiran. Dia bahkan rela datang sekitar pukul 06.30 karena takut kehabisan tiket gratis. “Katanya ada kereta api gratis ke Solo. Jadi saya mau ke Pasar Klewer sama istri dan anak-anak,” ungkap Wukiran.

Wukiran mengaku mengetahui layanan tiket gratis dari media massa. Menurutnya, kesempatan itu tidak boleh dilewatkan begitu saja. “Antrenya mulai jam 07.00 WIB, tiga jam sebelum keberangkatan,” ucapnya.

Namun, tidak semua calon penumpang beruntung. Salah satunya Agus Nirwan, yang merasa kecele karena tidak bisa mendapat tiket gratis. “Saya kira tiket gratis itu sejak awal jadwal perjalanan tapi ternyata cuma mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Gratisnya jam tertentu,” paparnya.

Agus akhirnya tetap harus membayar Rp10.000 untuk naik KA Prameks yang berangkat dari Stasiun Wates pukul 06.45 WIB. “Saya ada acara di Solo dan harus ambil tiket pagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Wates Kulonprogo, Dwi Hanggono Yuniadi mengatakan, layanan tiket gratis memang khusus diberlakukan bagi perjalanan pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. “Saya belum cek ada berapa tiket gratis yang terjual tapi okupansinya memang terbatas,” katanya, saat ditemui di Alun-alun Wates, Kulonprogo, Senin pagi.

Dwi memaparkan, hari itu hanya ada dua perjalanan yang bisa menggunakan layanan tiket gratis dari Stasiun Wates. Diantaranya KA Prameks tujuan Solo yang dijadwalkan tiba di Stasiun Wates pukul 09.25 WIB dan tujuan Kutoarjo yang dijadwalkan tiba pukul 16.10 WIB. “[Pemberangkatan] dari Stasiun Wates sebenarnya tidak begitu ramai,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya