SOLOPOS.COM - Penumpang bersiap naik ke KA Sriwedari (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Tiket kereta api Prameks saat ini dapat dipesan jauh sebelum keberangkatan.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemesanan tiket kereta api (KA) Prameks kini dapat direncana. Penumpang dapat membeli maksimal satu minggu sebelum keberangkatan. Perubahan sistem pemesanan ini untuk memberikan pelayanan lebih kepada penumpang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Eko Budiyanto menjelaskan, munculnya ketentuan baru dalam pembelian tiket ini bermula dari keluhan masyarakat yang tidak mendapat tiket kereta. Sesuai SOP yang berlaku sebelumnya, pembelian tiket KA Prameks dibuka tiga jam sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karena mendapat komplain maka kami ajukan pada [KAI] Pusat dan diputuskan mulai 13 Juni nanti pemesanan tiket bisa untuk keberangkatan seminggu setelahnya,” ujar Eko, Rabu (8/6/2016)

Sistem baru ini akan diberlakukan selamanya dan tidak hanya selama Ramadan. Harapannya dengan diluncurkannya sistem pemesanan tiket baru ini, masyarakat semakin mudah mengakses salah satu kereta api jarak dekat ini.

“Kami ingin lebih fair untuk melayani. Kami ingin memfasilitasi penumpang semuanya,” tandasnya.

Saat ini, dari 11 kereta api Prameks yang ada, hanya empat kereta api yang beroperasi. Untuk jenis kereta rel diesel (KRD) AC bisa mengangkut 400-an penumpang, KRD Elektrik (KRDE) 800-an penumpang, sementara KRD mengangkut 68-90 penumpang setiap gerbongnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya