Kategori: Nasional

TIKET KERETA API : Idul Adha, Tiket KA dari 3 Kota Besar Tujuan Solo Ludes Terjual


Solopos.com/Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos

Tiket kereta api pada Idul Adha akhir pekan ini dari 3 kota besar tujuan Solo telah habis terjual.

Solopos.com, SOLO—Jelang Hari Raya Iduladha, tiket kereta api asal tiga kota besar menuju Solo ludes terjual. Tiket naik kereta api asal Jakarta dan Bandung menuju Solo sudah habis untuk tanggal 8 – 12 September. Sedangkan untuk tiket naik kereta api asal Surabaya menuju Solo sudah habis untuk tanggal 9 – 12 September.

Hal itu diungkapkan oleh Staff Kepala Stasiun Solo Balapan Daop IV, Poedji Rahajoe, Rabu (8/9/2016).

Poedji juga menjelaskan, Daops IV juga kehabisan tiket untuk penumpang arus balik. Tiket naik kereta api asal Solo menuju Jakarta sudah habis untuk tanggal 12 – 13 September.

Sementara itu, kereta api asal Solo menuju Bandung, tiketnya sudah habis dipesan untuk tanggal 12 September. Berbeda dengan kereta api asal Solo menuju Surabaya, tanggal 12 September tiket naik kereta sore hari sudah habis sedangkan tiket naik kereta pagi hari masih tersedia.

Pihak Daops IV telah menambah dua rangkaian perjalanan kereta api untuk untuk menambah kapasitas jumlah penumpang. Dua rangkaian kereta api tersebut terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksekutif dan ekonomi. KA ekonomi delapan gerbong dioperasikan pada 12 – 13 September, sedangkan KA ekonomi dengan sembilan gerbong dioperasikan pada 12 September.

“Semuanya [tiket] ludes terjual,” ujar Poedji saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu.
Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kereta api lokal. Kendati tiket kereta api asal Solo menuju Jogja sudah bisa dipesan H-7 pemberangkatan, pemesanan tiket masih lengang.

“Kebanyakan mereka [penumpang kereta api lokal] pesan tiket saat hari keberangkatan. Yang memanfaatkan pemesanan tiket kereta api lokal H-7 hanya mereka yang punya jadwal bolak-balik Solo-Jogja,” kata dia.

Hal tersebut juga terjadi pada kereta api lokal jurusan Solo – Semarang. Tingkat pemesanan tiket sampai Rabu juga masih lengang. “Para penumpang juga lebih memilih untuk membeli tiket saat hari keberangkatan kereta api,” ujar Poedji.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati