TIKET KERETA API : 3 Juta Penumpang Kereta Api di Semarang Beli Tiket Secara Online

TIKET KERETA API : 3 Juta Penumpang Kereta Api di Semarang Beli Tiket Secara Online

SOLOPOS.COM - Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Wiwik Wijayanti, saat membuka acara Jazzy Station di Stasiun Tawang, Selasa (6/2/2018) sore. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Tiket kereta api dari penumpang di Semarang kebanyakan dibeli secara online.

Solopos.com, SEMARANG – Berkembangnya era digital memang memberikan kemudahan bagi masyarakat di segala aspek, tak terkecuali pengguna jasa Kereta Api Indonesia (KAI). Terbukti, saat ini banyak pengguna jasa transportasi kereta api (KA), tak terkecuali di Kota Semarang yang lebih memilih membeli tiket secara online melalui Internet ketimbang datang langsung ke stasiun.

Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, dari 5.808.033 penumpang kereta api di Semarang sekitar 3.200.810 orang di antaranya membeli tiket secara online atau hampir 55%. Sementara yang membeli tiket kereta api secara langsung dengan datang ke stasiun hanya berkisar sekitar 2.607.223 orang atau sekitar 45%.

“Harapan kami semakin berkurang yang beli tiket di stasiun. Tentunya, hal itu bisa mengurangi antrean yang kerap terjadi di stasiun,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Suprapto, seusai acara peluncuran Jazzy Station di Stasiun Tawang, Semarang, Selasa (6/2/2018) sore.

Sementara itu, lanjut Suprapto, untuk pengguna jasa kereta api dari Semarang juga mengalami peningkatan yang signifikan pada 2017. Jika pada 2016 jumlah penumpang kereta api di Semarang hanya mencapai 5.064.000 orang , maka pada 2017 naik sekitar 15% menjadi 5,8 juta.

Sedangkan untuk penumpang kereta yang membeli tiket secara online, Suprapto menyebutkan kebanyakan merupakan pengguna jasa KA kelas bisnis maupun eksekutif.

“Untuk pelanggan komersial lebih mudah diajak memanfaatkan pembelian secara online. Yang sulit itu justru pelanggan ekonomi karena masih senang beli di stasiun,” terang Suprapto.

Kendati demikian, PT KAI tetap terus melakukan sosialisasi agar pengguna jasa KA beralih membeli tiket secara online. Sosialisasi itu, salah satunya dilakukan dengan terus memperkenalkan aplikasi New KAI Access dan menyediakan mesin jual otomatis atau vending machine di stasiun.

“Sosialisasi terus dilakukan salah satunya melalui aplikasi New KAI Access. Kami juga sediakan petugas di stasiun untuk membantu konsumen. Kalau beli tiket secara online lebih dari satu juga harganya lebih murah,” beber Suprapto.

Suprapto menambahkan sejak aplikasi New KAI Access diluncurkan pada 28 September 2017 hingga 31 Januari 2018 sudah ada sekitar 1.396.690 orang yang men-download. “Harapan kami semoga semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan apilikasi ini. Itu berarti sosialisasi kami menjangkau semua lapisan.”

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.