SOLOPOS.COM - Terminal Bus Giwangan (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Terminal Bus Giwangan (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JOGJA – Tiket bus untuk puncak arus balik liburan panjang Idul Adha, Minggu (28/10/2012) masih tersedia banyak kendati tiket untuk armada Kereta Api (KA) sudah habis. Harga tiket bus juga tak mengalamai kenaikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiket bus untuk semua jurusan termasuk rute padat seperti Jogja-Jakarta masih tersedia di sejumlah agen tiket khusus keberangkatan Minggu (28/10/2012). Pretty, petugas agen bus PO Sinar Jaya Cabang Giwangan kepada Harianjogja.com, Sabtu (27/10/2012) menyatakan, meski penumpang mengalami kenaikan untuk keberangkatan Minggu namun tiket yang tersedia masih banyak. PO Sinar Jaya menurutnya menyediakan hingga 10 armada bus untuk tujuan Jakarta. Hingga Sabtu (27/10) siang kemarin baru sekitar 100 tiket yang terjual. “Kalau tiket masih banyak, meski ada lonjakan penumpang,” terangnya. Harga tiket juga tak mengalami kenaikan. Tiket bus kelas eksekutif dijual Rp90.000, kelas Bisnis Rp75.000 dan kelas Ekonomi Rp60.000.

Agen Bus Lorena juga masih menyediakan banyak tiket penumpang. Nurgiati penjual tiket bus Lorena mengatakan, saat ini baru empat unit bus yang dikerahkan untuk keberangkatan ke Jakarta. Pihaknya bisa menambah berapapun jumlah bus yang diperlukan selama permintaan bertambah. Tiket bus yang tersedia tak hanya ke Jakarta meliputi banyak jurusan seperti Bandung, Malang dan Denpasar. “Kami siap menambah armada bus kalau kurang,” ungkap Nurgiati. Harga tiket juga masih sama. Tiket bus eksekutif Lorena dibanderol Rp175.000 per penumpang.

Adapun tiket bus yang sudah habis Sabtu siang kemarin terpantau untuk bus Rosalia. Ivan, agen bus Rosalia mengatakan, tiket bus Rosalia tujuan Jakarta telah ludes terjual untuk keberangkatan Sabtu (27/10/2012) hingga Senin (29/10/2012). Pihaknya mengerahkan 10 bus dari Jogja. “Satu bus jumlah kursinya beda-beda kalau VIP 42, eksekutif 38,” tutur Ivan. Haga tiket bus Rosalia kelas eksekutif dijual Rp156.000 sedangkan bisnis AC Rp105.000.

Sementara itu untuk angkutan penumpang dengan armada kereta api keberangkatan Minggu dari Jogja telah habis sejak beberapa hari lalu. Humas PT KA Daerah Operasional (Daop) VI Jogja, Eko Budiyanto mengatakan, tiket yang habis tak hanya tujuan Jakarta namun juga semua jurusan. Sedikitnya ada 16 rangkaian kereta jarak jauh yang berada di bawah naungan Daop VI.

PT KAI juga telah menambah satu rangkaian kereta Argo Lawu tujuan Jakarta untuk keberangkatan 28 Oktober namun tiket juga telah habis dipesan. “Habis untuk semua jurusan. Karena pemesanan tiket kan sudah dari jauh hari makanya sudah pada beli dari jauh hari,” tutur Eko. Padahal harga tiket kereta api untuk libur Idul Adha kali ini dinaikan jauh lebih mahal dari harga tiket bus. Khusus kelas eksekutif harga pada hari biasa hanya Rp335.000 khusus libur panjang dijual Rp385.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya