SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (JIBI/Dok)

Tiket KA untuk masa mudik dan balik Lebaran ludes terjual.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Seluruh persediaan tiket kereta api (KA) untuk masa peak season Lebaran 1438 H telah habis dipesan. Kondisi itu membuat sejumlah warga yang hendak reservasi atau memesan tiket kereta api untuk mudik maupun balik Lebaran di Stasiun Tulungagung kecewa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami kira masih ada sisa tiket pada kurun sepekan sebelum dan sesudah hari H Lebaran. Tapi tadi disampaikan [petugas] semua habis,” tutur Santi, warga Ketanon, Tulungagung, seusai mencoba reservasi melalui sistem online atau dalam jaringan/daring PT KA Indonesia maupun langsung ke stasiun Tulungagung, Kamis (27/4/2017).

Kekecewaan serupa dialami warga Tulungagung lainnya Rudy Hartono seusai membuka beberapa situs layanan pemesanan tiket secara daring, namun semua sudah ludes tak tersisa.

Cepat habisnya jarak tiket kereta pada jadwal mudik maupun balik Lebaran tersebut dia khawatirkan disebabkan permainan calo tiket.

“Kecewanya itu karena saat awal layanan pesanan secara daring resmi dibuka tapi situs PT KAI justru traffic dan tidak bisa diakses. Mungkin karena kunjungan yang melonjak,” ujar dia.

Wakil Kepala Stasiun Tulungagung Daniel Yuniarta membenarkan tiket untuk arus mudik maupun balik sudah terjual habis sejak penjualan dibuka pada 17 Maret 2017, khusus untuk kereta reguler.

Daniel menambahkan pelayanan tiket KA untuk jarak jauh mulai dibuka pelayanannya sejak 90 hari sebelum keberangkatan, sedangkan untuk tiket lokal maksimal pemesanan hingga tujuh hari sebelum keberangkatan.

“Kami sudah buka mulai 17 Maret lalu untuk tiket kereta reguler lebaran dari Pasar Senen Jakarta-Malang melewati Tulungagung maupun sebaliknya, dimana tiket H-10 hingga H+10 sudah terjual semua,” kata dia.

Tiket KA habis tidak hanya pada kereta reguler, melainkan terjadi pada tiket kereta tambahan juga sudah habis terjual. Pelayanan penjualan tiket mulai dibuka 16 April 2017 sejak pukul 00.00 WIB.

Namun hingga pukul 09.00 WIB tiket sudah habis terjual. “Memang akses penjualan tiket sangatlah cepat melalui sistem daring, orang bisa akses dari rumah atau dari loket resmi yang bekerja sama dengan PT KAI,” katanya.

Daniel menuturkan, untuk Stasiun Tulungagung pada Lebaran nantinya mendapatkan tambahan tiga kereta lebaran untuk jarak jauh mulai dari KA Brantas Lebaran jurusan Pasar Senen Jakarta-Blitar, KA Matarmaja Lebaran jurusan Pasar Senen Jakarta-Malang dan terakhir KA Gajayana Lebaran jurusan Pasar Senen Jakarta-Malang.

Daniel mengatakan, PT KAI sejauh ini belum mengkonfirmasi apakah nanti akan ada KA tambahan lagi atau tidak.

Sebab, kata Daniel, itu merupakan kebijakan dari kantor pusat. “Kalau itu saya belum tahu, untuk kewenangan kereta tambahan merupakan kewenangan dari pusat,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya