SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi kereta api (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Penjualan tiket kereta arus balik Lebaran untuk kereta eksekutif dan bisnis untuk 10-14 Agustus sudah ludes terjual. Sedangkan untuk 14-17 Agustus khusus kereta eksekutif masih banyak kursi yang belum terjual.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Stasiun Solo Balapan, Rustanto, menuturkan untuk kereta Argo Lawu dan Argo Dwipangga masih menyisakan kursi 300-an kursi. Sedangkan tiket kereta kelas bisnis sudah ludes hingga H+7 atau 18 Agustus. Selain itu, tiket kereta untuk hari H, yakni 8-9 Agustus juga masih ada tiket yang tersisa. Menurut Rustanto, saat hari H Lebaran, masih ada penumpang yang memanfaatkan kereta untuk pulang kampung walau tidak penuh.

Harga tiket, menurut Rustanto masih menggunakan tarif batas atas, yakni Rp500.000 untuk Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Tiket Senja Utama dilabeli harga Rp255.000.

“Walau penumpang hanya sampai Solo, kalau naik Gajayana dan Bima tetap membayar tiketnya Rp600.000. Sedangkan Lodaya harganya Rp300.000 untuk kereta eksekutif dan Rp240.000 untuk bisnis,” ungkap Rustanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2013).

Namun Rustanto menuturkan untuk harga tiket Argo Lawu dan Argo Dwipangga pada H+6 dan H+7 Lebaran atau 17-18 Agustus turun menjadi Rp400.000. Mengenai persiapan Lebaran, Rustanto menuturkan pihaknya tidak banyak melakukan persiapan.

“Saat Lebaran akan ada tambahan personel keamanan dari polisi. Selain itu juga biasanya akan ada posko Lebaran yang biasanya dibangun pada H-10 sampai H+10 Lebaran,” imbuh Rustanto.

Mengenai kereta tambahan, Rustanto menuturkan belum ada pengumuman resmi. Rustanto menuturkan pada Lebaran tahun lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan delapan kereta tambahan untuk Solo. Dia pun berharap, kereta tambahan minimal bisa seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan tiket saat long weekend menurut Rustanto tidak ada lonjakan yang berarti. Tiket kereta untuk Sabtu (25/5/2013) masih tersisa sedangkan tiket untuk Minggu (26/5/2013) sudah ludes. Rustanto menuturkan tiket pada Minggu selalu ludes walaupun tidak long weekend karena sudah ada pelanggan tetap.

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/22052013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya