Tutup Iklan

Tiket Bus Online di Terminal Tirtonadi Solo Diluncurkan Akhir 2016

Tiket Bus Online di Terminal Tirtonadi Solo Diluncurkan Akhir 2016

SOLOPOS.COM - Calon penumpang bus di peron Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (22/7/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Tiket bus online di Terminal Tirtonadi Solo akan mulai diluncurkan akhir tahun ini.

Solopos.com, SOLO -- Penjualan tiket bus di Terminal Tirtonadi Solo bakal didukung sistem online mulai akhir tahun ini. Sistem yang baru ini tengah dimatangkan Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) pusat.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengemukakan proses pendataan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) dari dan ke Terminal Tirtonadi sudah rampung. “Layanan basis datanya sudah. Tarif juga sudah. Sekarang masih digarap Organda pusat,” katanya saat ditemui di Terminal Tirtonadi, Jumat (21/10/2016).

Herman, sapaan akrabnya, mengatakan proses penyiapan sistem penjualan tiket online di Terminal Tirtonadi memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Salah satunya disebabkan banyaknya trayek bus. “Trayek bus di sini ada seratusan. Apalagi bus AKDP. Biasanya banyak yang menjual tiket di atas bus. Penumpang naik dulu, bayar di atas. Penyatuan sistem ini yang menyulitkan,” jelas dia.

Lebih lanjut Herman menjelaskan ke depan ketika sistem penjualan bus online sudah berjalan, bus yang sudah masuk sistem tidak diperbolehkan mengangkut penumpang di jalan. “Bus nanti akan dipasangi GPS untuk pemantauan. Ketiak berhenti bukan di titik singgah yang sudah ditentukan, akan ditindak. Penumpang tidak boleh lagi mencegat bus dari jalan. Harus lewat terminal,” paparnya.

Dia mengatakan sistem penjualan tiket online diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan penumpang bus. Dikatakannya, penumpang yang sudah memiliki tiket saat masuk terminal tinggal menunggu jadwal pemberangkatan tanpa khawatir tidak kebagian tempat duduk.

“Pembuatan sistem ini memang sulit. Tapi penumpang nanti bisa lebih nyaman. Diharapkan nantinya tidak ada lagi tarik-tarikan penumpang di terminal saat libur panjang atau hari raya. Tidak ada lagi kasus persaingan tidak sehat [perang tarif] antarpengelola PO,” kata Herman.

Herman mengutarakan Terminal Tirtonadi menjadi terminal pertama yang bakal diujicobakan dengan sistem online. “Fasilitas di sini sudah mendukung sistem boarding pass. Oleh Kementerian Perhubungan di sini akan dijadikan pilot project untuk penjualan tiket online. Harapannya akhir tahun ini, saat terminal diresmikan, sudah bisa jalan,” tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Swab PCR, Hasilnya?

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.