SOLOPOS.COM - Calon penumpang kereta api mengamati layar monitor informasi ketersedian kursi kereta berbagai tujuan di Stasiun Solo Jebres, Minggu (23/12/2012). (Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS)


Calon penumpang kereta api mengamati layar monitor informasi ketersedian kursi kereta berbagai tujuan di Stasiun Solo Jebres, Minggu (23/12/2012). (Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Tiket bus dan kereta api (KA) menuju Jakarta ludes diborong pembeli pada libur Natal dan Tahun Baru 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiket kedua moda transportasi itu rata-rata dipesan untuk jadwal keberangkatan 25 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Stasiun Solo Jebres, Eksam Puji Santoso mengatakan tiket kereta ekonomi tujuan Jakarta ludes sejak Kamis (20/12/2012) lalu. Tiket kereta ekonomi dan ekonomi AC yang ludes dibeli itu di antaranya KA Senja Bengawan, KA Brantas dan KA Gaya Baru Malam.

“Tiket kereta ekonomi jurusan Jakarta habis dipesan mulai kemarin Sabtu (22/12/2012) hingga Rabu (9/1/2013),” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Minggu (23/12/2012).

Satu rangkaian KA Senja Bengawan memiliki enam gerbong ekonomi dan dua gerbong ekonomi AC. Satu gerbong kereta berkapasitas 106 kursi. Jadi total kapasitas satu rangkaian kereta 848 kursi. KA Gaya Baru Malam dan KA Matarmaja juga memiliki jenis rangkaian kereta dan kapasitas yang sama dengan KA Senja Bengawan.

Terpisah, Kepala Stasiun Solo Balapan, Parjianto, mengatakan kereta eksekutif Argo Lawu dan Argo Dwipangga juga sudah ludes dijual. Jadwal keberangkatan yang diminati calon penumpang adalah 25 Desember hingga 2 Januari 2013. Oleh karena itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta menjalankan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga tambahan.

“KA Argo Lawu tambahan berjalan pada tanggal 20-31 Desember. Sedangkan KA Argo Dwipangga tambahan berjalan pada 1-6 Januari 2013,” terang Parjianto saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya Minggu.

Pemesanan KA Argo Lawu tambahan hingga Minggu sudah mencapai 65 %. Total kapasitas satu rangkaian kereta eksekutif itu adalah 350 kursi. Selain kereta kelas eksekutif, kereta bisnis Senja Utama juga diburu pembeli. Jadwal keberangkatan yang paling diminati calon penumpang tujuan Jakarta itu adalah 25 Desember, 1 Januari dan 2 Januari.

Selain tujuan Jakarta, kota-kota besar lain seperti Bandung dan Surabaya juga banyak diminati calon penumpang. Pemesanan tiket KA Lodaya tujuan Bandung juga ludes untuk jadwal keberangkatan 25-26 Desember dan 1-2 Januari 2013. Tiket KA Sancaka jurusan Surabaya juga sudah habis dipesan untuk keberangkatan tanggal 25-26 Desember dan 1-2 Januari

Selain tiket kereta api, tiket bus juga banyak dipesan calon penumpang tujuan Jakarta dan Bali. Pemilik agen tiket bus Setia Budi Transport, Bintoro, mengatakan tiket bus jurusan Solo-Jakarta sudah ludes dipesan untuk jadwal keberangkatan 23 Desember hingga 2 Januari 2013. Agen tiket bus yang berada di Jl Setia Budi No 17 A itu menjalankan enam bus berkapasitas 30 kursi. Harga tiket bus kelas eksekutif itu dibanderol Rp140.000/penumpang.

“Selain tujuan Jakarta, jurusan Solo-Bali juga banyak diminati penumpang. Kami menjalan tiga bus berkapasitas 30 kuris. Harga tiketnya Rp250.000/penumpang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya