SOLOPOS.COM - Suasana penjualan tiket di Terminal Sukoharjo Kota pada Senin (27/3/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Perusahaan otobus (PO) antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Sukoharjo Kota raih berkah Ramadan. Tiket arus balik pada Lebaran 2023 dari Sukoharjo ke kota lain telah ludes untuk perjalanan hingga 30 April 2023 mendatang.

Hal itu dibarengi dengan kenaikkan harga tiket yang mencapai dua kali lipat dibandingkan harga normal.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Agen PO Agung Sejati di Terminal Sukoharjo, Soni, 42, mengatakan penjualan tiket arus balik yang paling banyak dipesan adalah untuk perjalanan 26-30 April 2023. Rata-rata penumpang yang diberangkatkan dari Sukoharjo bertolak ke Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

“Penjualan tiket arus balik untuk tanggal itu sudah full booking semua unit, puncaknya tanggal 30 April 2023 karena weekend,” jelas Soni saat ditemui di Terminal Sukoharjo, Senin (27/3/2023).

Dia mengatakan saat ini harga tiket dari arah Sukoharjo ke Ibu Kota Jakarta masih normal. Tetapi dia menyebut harga tiket dari Jakarta ke Sukoharjo sudah naik paling tidak 10%. Kenaikan harga tiket dari Jakarta ke Sukoharjo menurutnya dilakukan secara bertahap sesuai dengan puncak arus mudik Lebaran.

Pada 31 Maret-6 April 2023 harga tiket di masing-masing kelas akan mengalami kenaikan sebesar Rp20.000 dari harga normal. Kemudian pada 7-13 April 2023 kenaikan harga tiket mencapai Rp30.000-Rp35.000.

Sementara pada 14-17 April 2023 kenaikan harga bisa mencapai 100%. Bahkan pada perkiraan puncak arus mudik pada 18-20 April kenaikan harga tiket bisa mencapai 100% lebih.

Soni mengaku pihaknya tak hanya mengejar kuantitas penumpang. Tetapi juga berupaya meningkatkan fasilitas, keamanan, dan kenyamanan para penumpang. Mengingat pada tahun lalu sempat terjadi contra flow (pengalihan arus) yang mengakibatkan keterlambatan penjemputan penumpang.

“Jadi misalkan jam reguler pemberangkatan seharusnya pukul 18.30 WIB pada tahun kemarin, baru diberangkatkan pukul 02.00 WIB sehingga ada kemunduran. Untuk tahun ini sistem rekayasa lalu lintas masih menunggu dari Dinas Perhubungan. Tetapi kami memastikan fasilitas, keamanan, dan kenyamanan penumpang akan terus kami Tingkatkan. Misalnya dengan pengecekan rem atau penambahan fasilitas lainnya,” terang Soni.

Tak Semuanya Ramai

Sementara itu, agen bus lain di lokasi setempat, Novida, 53 mengatakan pada beberapa pekan terakhir penjualan tiket arus mudik belum ada kenaikan signifikan. Dia menyebut penjualan tiket dari Sukoharjo maupun dari Jakarta terpantau masih sepi.

Dia memprediksi penjualan tiket di hari-hari menjelang Lebaran mulai pada 19 April 2023 mendatang dari arah Ibu Kota ke Sukoharjo akan ramai.

“Dibandingkan dengan tahun lalu tahun ini penjualan tiket lebih mendingan [baik], karena sudah tidak ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat [PPKM].  Harga tiket juga bisa dinaikkan dua kali lipat. Kenaikan harga tiket hampir semua tujuan, pesanan tiket paling banyak dari Jakarta ke Wonogiri,” jelas Novida.

Dia mengatakan harga tiket Lebaran mencapai Rp520.000/orang untuk kelas eksekutif. Sementara pada hari biasa harga tiket dibandrol dengan Rp240.000/orang. Kenaikan tersebut terjadi lantaran biasanya bus berangkat dari Sukoharjo ke Ibu Kota kosong atau minim penumpang. Sehingga harga tiket harus naik dua kali lipat untuk menutup biaya operasional.

Lebih lanjut Novida mengatakan mudik gratis juga berpengaruh pada penjualan tiket agen bus di Ibu Kota. Menurutnya dengan adanya mudik gratis tersebut, omzet agen di Ibu Kota menurun. Namun dia tak khawatir dengan penjualan tiket arus balik mengingat dari Sukoharjo tak ada armada pengangkut arus balik gratis.

Seperti diketahui Kementerian Perhubungan telah menyiapkan armada sebanyak 585 unit bus, dengan 459 bus digunakan untuk arus mudik dan 126 lainnya untuk arus balik. Kemenhub juga menyiapkan 30 unit truk yang dapat mengangkut 900 sepeda motor. Sejumlah 15 unit truk masing-masing dialokasikan untuk arus mudik dan balik yang dapat mengangkut 450 sepeda motor. Sebanyak 28 kota menjadi tujuan mudik gratis pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya