SOLOPOS.COM - Pembangunan rumah sakit di Sentolo dihentikan. (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyayangkan proyek pembangunan gedung di wilayah ini selalu mengalami keterlambatan pada tiga tahun terakhir.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kulonprogo Muhyadi, Minggu, mengatakan Fraksi PKS mencermati dalam tiga tahun terakhir ini, pembangunan gedung dipastikan “ada keterlambatan”.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

“FPKS memandang, perlunya bupati melakukan pembenahan dalam setiap tahap pekerjaan. Diantaranya evaluasi perencanaan waktu yang matang, evaluasi kinerja kelonpok kerja (pokja) layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dalam menentukan pemenang lelang,” kata Muhyadi, baru-baru ini.

Muhyadi mengatakan Pokja LPSE hendaknya mengkaji kualifikasi rekanan, daftar pekerjaan yang pernah atau sedang dikerjakan rekanan.

Hal tersebut, lanjut Muhyadi, merupakan hal penting sebagai dasar pertimbangan. Serta kontrak yang tegas agar rekanan “tidak meremehkan” jika terjadi keterlambatan pekerjaan.

Menurut dia, sanksi denda, putus kontrak dan black list ternyata belum sebagai tindakan tegas kepada rekanan nakal. Buktinya, masih saja terjadi berulang atas keterlambatan pekerjaan yang merugikan daerah.

“FPKS meminta pemerintah daerah agar memiliki konsep jelas dalam mengatasi persoalan tersebut. FPKS siap memberikan konsep jika diminta dalam rapat kerja bersama bupati, secara langsung akan kami sampaikan lebih jauh,” kata Muhyadi.

Kepala Bagian Pembangunan Setda Kulonprogo Hendri Usdiarkan mengatakan proyek penyelesaian pembangunan kantor Bupati Kulonprogo mengalami gagal lelang karena kurangnya pendaftar dari pihak penyedia barang dan jasa kontruksi.

Selain proyek kantor bupati, lanjut Hendri, pasa 2014 ini ada 220 paket yang dilelang. Hingga minggu ketiga, baru 90 paket yang berhasil dilelang.

“Dari 90 paket lelang yang berhasil dilelang, ada beberapa paket yang gagal lelang seperti pengerjaan infrastruktur jalan. Namun, sekarang sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya