SOLOPOS.COM - Tatag Prabawanto (JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning Wardani)

Tatag Prabawanto (JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning Wardani)

Tatag Prabawanto (JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning Wardani)

SRAGEN — Setelah tiga tahun kosong, akhirnya jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen terisi juga. Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto, dan tiga camat yakni Gesi, Sambirejo dan Sambungmacan, Selasa (21/5/2013). Mereka diminta memusatkan perhatian terhadap persoalan warga miskin di Kabupaten Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Agus menutup rasa penasaran dan menjawab teka-teki ihwal siapa orang yang dipasang menjadi Sekda Kabupaten Sragen. Jabatan itu jatuh ke tangan mantan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar, Tatag Prabawanto. Tatag berhasil menyingkirkan beberapa kandidat yang diajukan Bupati Agus kepada Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Memutuskan mengangkat Tatag Prabawanto, Pembina Tingkat I (IV/b) dalam jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen. Kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut selama memangku jabatan dimaksud diberikan tunjangan jabatan struktural Eselon IIa sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” demikian dibacakan pembawa acara saat pelantikan Sekda dan tiga camat di Pendapa Sumanegara, kompleks rumah dinas Bupati Sragen, Selasa.

Pada sambutan Bupati Agus mengaku sengaja mengulur waktu mengisi kekosongan jabatan Sekda Kabupaten Sragen selama hampir tiga tahun. Bupati Agus berdalih “ngemong kahanan” sebelum memutuskan melantik Tatag sebagai Sekda Kabupaten Sragen. Bupati Agus menuturkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Tatag ditandatangani Gubernur Jateng, Senin (29/4/2013). Selanjutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menerima SK itu pekan pertama bulan Mei 2013.

Secara tegas Bupati Agus mengatakan jabatan Sekda Kabupaten Sragen tidak penting. “Sragen butuh sumbangan konkret menyelesaikan persoalan di Kabupaten Sragen. Apapun posisi dan jabatan membutuhkan konsentrasi, kepekaan panca indra dan semangat. Saya minta pusatkan perhatian terhadap problem membahagiakan 350.000 orang miskin sesuai tupoksi masing-masing,” kata Bupati Agus saat memberikan sambutan.

Keputusan melantik Tatag sekaligus mengembalikan jabatan Endang Handayani sebagai Plt Sekda Kabupaten Sragen menjadi Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen. Atas kerja Endang, Bupati Agus memberikan apresiasi. Bupati Agus menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf. Selain itu Bupati Agus juga menitipkan pesan kepada tiga camat yang dimutasi dan atau mendapat promosi, yakni Camat Gesi, Sambungmacan dan Sambirejo. Dia meminta para camat melaksanakan tugas dengan baik. “Saya minta jabatan camat itu diemban dan dilaksanakan dengan baik. Ewangono wong ora nduwe. Ewangono wong melarat [bantulah orang yang tidak punya, bantulah orang yang miskin]. Seperti apa yang menjadi konsep Sragen selama ini,” tegas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya