SOLOPOS.COM - MANGKRAK-Kondisi Subterminal Bendogantungan Klaten di Jl Jogja-Solo tampak sepi, Senin (19/3/2012). Di subterminal ini tidak ada aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang. (Espos/Moh Khodiq Duhri)

MANGKRAK-Kondisi Subterminal Bendogantungan Klaten di Jl Jogja-Solo tampak sepi, Senin (19/3/2012). Di subterminal ini tidak ada aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang. (Espos/Moh Khodiq Duhri)

KLATEN--Tiga subterminal di Kabupaten Klaten akan dioptimalkan fungsinya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang selama masa transisi pemindahan Terminal Jonggrangan ke kawasan Buntalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Jaka Sawaldi saat ditemui wartawan di kompleks Sekretariat Daerah (Sekda) Pemkab Klaten, Senin (19/3), mengatakan subterminal yang akan dioptimalkan fungsinya itu adalah Subterminal Delanggu, Subterminal Penggung, dan Subterminal Bendogantungan. Saat ini, fungsi tiga subterminal itu tidak maksimal sebagai lokasi menaikkan dan menurunkan penumpang. Subterminal Delanggu hanya digunakan sebagai tempat mangkal angkutan desa.
Sementara Subterminal Bendogantungan kondisinya mangkrak karena tidak ada angkutan umum yang bersedia memasukinya.

“Pembangunan terminal baru di Buntalan membutuhkan waktu dua tahun yakni 2013-2014. Selama masa transisi itu, tiga subterminal ini akan dioptimalkan fungsinya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang,” terang Jaka.

Jaka mengakui, kondisi tiga subterminal itu saat ini sudah memprihatinkan. Oleh sebab itu, tiga subterminal itu akan diperbaiki terlebih dahulu sebelum dioptimalkan fungsinya sebagai lokasi menaikkan dan menurunkan penumpang. Pemkab Klaten sudah menganggarkan dana senilai Rp297 juta untuk merenovasi tiga subterminal itu melalui APBD 2012.

“Ada beberapa masalah di sana-sini seperti kerusakan pada musala, toilet, lapisan beton, dan kerusakan fisik lain. Rencana renovasi tiga subterminal itu sudah memasuki tahap lelang kontraktor,” kata Jaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya