Tutup Iklan

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

 Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

Solopos.com, SOLO-Ada tiga senjata terbaik untuk lawan penyakit kardiovaskular  yang mungkin sebelumnya tak pernah terpikirkan. Padahal hal ini sangat mudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit yang juga dikenal dengan penyakit jantung ini merupakan penyebab utama kematian di dunia. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),17,6 juta kematian terjadi setiap tahunnya akibat penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat, stres, kebiasaan merokok, memiliki riwayat kardiovaskular, bertambahnya usia, diabetes, hipertensi hingga kadar kolesterol tinggi merupakan faktor-faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Dorce Gamalama Tak Lagi Khawatirkan Biaya Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Untuk meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular, ada tiga senjata yang bisa Anda gunakan, melansir Express dan Bisnis.com, Selasa (26/10/2021).

1. Diet

Diet sehat adalah salah satu senjata terbaik yang Anda miliki untuk melawan penyakit kardiovaskular, menurut para ahli di American Heart Association. Makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi berdampak pada tekanan darah, kadar kolesterol, berat badan Anda, dan risiko diabetes. Makanan kaya nutrisi mengandung vitamin, mineral, dan serat; apalagi, mereka cenderung lebih rendah kalori.

Diet yang menekankan asupan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian sangat ideal dalam mengurangi risiko serangan jantung. Seseorang juga harus memasukkan produk susu rendah lemak (bukan produk susu penuh lemak), kacang-kacangan, dan polong-polongan. Tambahan sehat lainnya meliputi: ikan, minyak nabati non-tropis, dan unggas. Anda juga harus membatasi jumlah makanan tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Inilah sebabnya mengapa Anda lebih baik mengurangi makanan manis, daging merah, dan minuman manis. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans seperti, biskuit, kue, mentega, keju, donat, pizza beku dan kentang goreng.

2. Berhenti merokok dan bebas asap rokok

Senjata terbaik kedua untuk melawan penyakit kardiovaskular adalah bebas asap rokok. Apabila Anda merokok, sebaiknya berhentilah, saran para ahli di American Heart Association. Asap rokok juga berbahaya, jadi jika ada orang di rumah Anda yang merokok di dalam ruangan, mereka dianjurkan untuk berhenti. NHS menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter, apoteker setempat, atau layanan berhenti merokok untuk mendapatkan dukungan.

Baca Juga: 7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

3. Menjadi aktif

Ada satu lagi senjata yang bisa Anda gunakan untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, yaitu tetap aktif secara fisik. Latihan fisik setiap hari adalah kontributor utama untuk hidup sehat. Berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Menjadi aktif juga dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat, yang merupakan cara lain untuk mempertahankan diri dari penyakit.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit menurut Islam, dilengkapi latin dan juga artinya.

Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Seorang mahasiswa telah mengembangkan teknik deteksi kanker yang terbuat dari jus jeruk.

Melihat Gunung Meletus di Mimpi? Ini Artinya

Bagi Anda yang pernah mengalami mimpi gunung meletus tentu akan merasa penasaran.

Viral Kucing Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Warganet: Punya 9 Nyawa

Video yang memperlihatkan seekor kucing berwarna putih selamat dari erupsi Gunung Semeru itu hingga Rabu (8/12/2021) menuai 3.742 komentar

Kemenkes Tegaskan Varian Omicron Belum Masuk Indonesia

Kemenkes belum mendeteksi varian omricon masuk ke Indonesia.

WHO Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Lindungi dari Varian Omicron

WHO menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mampu membentuk kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi virus varian Omicron.

Ide Kado untuk Hari Ibu: Murah, Sederhana Tapi Mengesankan

Berikut ini terdapat rekomendasi ide kado atau hadiah yang murah, sederhana tapi mengesankan di momen Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Punya Rekan Kerja Toxic? Jangan Buru-Buru Resign, Lakukan Ini Dulu

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Berikut Ini Manfaat Peanut Ball Untuk Proses Persalinan

Manfaat peanut ball untuk proses persalinan ibu hamil bisa jadi belum begitu familier di Indonesia.

Lakukan Ini Setelah Mengalami Kekerasan Seksual

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah mengalami kekerasan seksual.

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Bulan Madu

Di masa pandemi, melakukan bulan madu tak perlu pergi ke luar negeri, karena banyak tempat wisata di Indonesia tak kalah keren.

Ini Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Gratis dari Pemerintah

Ada sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis dari pemerintah.

Sering Salah Kaprah, Ini Bedanya Vaksin Booster dan Vaksin Dosis Ketiga

Tapi, menjelang pelaksanaannya ternyata masih banyak orang yang salah kaprah antara perbedaan vaksin dosis 3 dan booster.