Tutup Iklan

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

 Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

Solopos.com, SOLO-Ada tiga senjata terbaik untuk lawan penyakit kardiovaskular  yang mungkin sebelumnya tak pernah terpikirkan. Padahal hal ini sangat mudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit yang juga dikenal dengan penyakit jantung ini merupakan penyebab utama kematian di dunia. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),17,6 juta kematian terjadi setiap tahunnya akibat penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat, stres, kebiasaan merokok, memiliki riwayat kardiovaskular, bertambahnya usia, diabetes, hipertensi hingga kadar kolesterol tinggi merupakan faktor-faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Dorce Gamalama Tak Lagi Khawatirkan Biaya Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Untuk meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular, ada tiga senjata yang bisa Anda gunakan, melansir Express dan Bisnis.com, Selasa (26/10/2021).

1. Diet

Diet sehat adalah salah satu senjata terbaik yang Anda miliki untuk melawan penyakit kardiovaskular, menurut para ahli di American Heart Association. Makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi berdampak pada tekanan darah, kadar kolesterol, berat badan Anda, dan risiko diabetes. Makanan kaya nutrisi mengandung vitamin, mineral, dan serat; apalagi, mereka cenderung lebih rendah kalori.

Diet yang menekankan asupan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian sangat ideal dalam mengurangi risiko serangan jantung. Seseorang juga harus memasukkan produk susu rendah lemak (bukan produk susu penuh lemak), kacang-kacangan, dan polong-polongan. Tambahan sehat lainnya meliputi: ikan, minyak nabati non-tropis, dan unggas. Anda juga harus membatasi jumlah makanan tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Inilah sebabnya mengapa Anda lebih baik mengurangi makanan manis, daging merah, dan minuman manis. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans seperti, biskuit, kue, mentega, keju, donat, pizza beku dan kentang goreng.

2. Berhenti merokok dan bebas asap rokok

Senjata terbaik kedua untuk melawan penyakit kardiovaskular adalah bebas asap rokok. Apabila Anda merokok, sebaiknya berhentilah, saran para ahli di American Heart Association. Asap rokok juga berbahaya, jadi jika ada orang di rumah Anda yang merokok di dalam ruangan, mereka dianjurkan untuk berhenti. NHS menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter, apoteker setempat, atau layanan berhenti merokok untuk mendapatkan dukungan.

Baca Juga: 7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

3. Menjadi aktif

Ada satu lagi senjata yang bisa Anda gunakan untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, yaitu tetap aktif secara fisik. Latihan fisik setiap hari adalah kontributor utama untuk hidup sehat. Berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Menjadi aktif juga dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat, yang merupakan cara lain untuk mempertahankan diri dari penyakit.

 


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.