SOLOPOS.COM - PASAR DEPOK--Seorang warga membeli pakan burung di kios di Pasar Depok. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Tiga pasar tradisional di Kota Solo bakal memperoleh kucuran dana untuk revitalisasi dari pemerintah pada tahun 2012 mendatang. Tiga pasar tersebut adalah Pasar Turisari atau Pasar Nongko, Pasar Pasar Kliwon dan Pasar Depok.

PASAR DEPOK--Seorang warga membeli pakan burung di kios di Pasar Depok. (dok Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto selaku Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD, mengemukakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dipastikan memperoleh anggaran dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag) RI khusus untuk merevitalisasi Pasar Turisari senilai Rp 5 miliar.

“Khusus untuk Pasar Turisari memperoleh anggaran dari APBN yang merupakan bantuan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan yang positif dicairkan di tahun 2012 senilai Rp 5 miliar,” ujar Supriyanto kepada wartawan, Selasa (22/11/2011).

Sementara untuk revitalisasi dua pasar lainnya, yaitu Pasar Depok dan Pasar Pasar Kliwon, sumber dana berasal dari APBD Kota tahun 2012 masing-masing senilai Rp 3 miliar.

Terpisah, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Solo, Umar Hasyim menyatakan dalam revitalisasi pasar-pasar tradisional tersebut Pemkot harus melakukan kajian terlebih dulu sebelum melakukan pembangunan.

Tidak hanya masalah fisik bangunan yang dikedepankan, melainkan harus pula diperhitungkan keberlangsungannya. Sebab menurut Umar, banyak kasus pasar tradisional yang selepas dibangun, justru menemui sejumlah persoalan, khususnya banyaknya kios yang mangkrak atau tidak laku terjual.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya