SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/HARIAN JOGJA/Dok)

ILUSTRASI (JIBI/HARIAN JOGJA/Dok)

BANDA ACEH- Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh mengikuti uji kemampuan baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (24/1/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga pasangan tersebut, pasangan Zaini Abullah-Muzakir Manaf yang diusung Partai Aceh serta pasangan Fakhrulsyah-Zulfinar dan Hendra Fadli-Yulizuardi Rais dari calon independen.

Ketua Dewan Hakim Uji Kemampuan Alquran Tgk Jailani Mahmud mengatakan, masing-masing peserta diwajibkan membacakan enam ayat dan satu surat pendek.

“Setiap peserta juga sudah mengetahui ayat dan surat apa saja yang akan dibaca dua jam sebelum acara ini. Selain itu, masing-masing peserta juga sudah mencabut nomor urut tampil sebelum uji baca Alquran ini berlangsung,” katanya.

Ia mengatakan, aspek yang diuji, yakni tajwid atau cara membaca Alquran dengan lafal atau ucapan yang benar. Kemudian, kefasihan dalam membaca dan serta adab atau kehalusan dalam melafazkan Alquran.

“Setiap peserta diberikan waktu maksimal selama 20 menit. Peserta yang dipanggil tiga kali berturut-turut dinyatakan mengundurkan diri,” kata Tgk Jailani Mahmud.

Sementara, Ketua Tim Fasilitasi Uji Baca Alquran Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tgk Akmal Abzal mengatakan, uji kemampuan baca Alquran ini merupakan syarat yang harus dipenuhi para bakal calon.

“Kalau tidak ikut atau dinyatakan tidak mampu membaca Alquran, maka bakal calon tersebut dinyatakan gugur. Sedangkan pengumumannya tergantung keputusan dewan hakim,” ungkap Tgk Akmal Abzal. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya