SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembobol rekening bank. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Bukan hanya pihak berwenang, cara cek rekening penipu secara online juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Anda juga bisa periksa dan cek nomor rekening penipu secara online dengan mudah. Selain cek nomor rekening penipu, Anda juga dapat membuat laporan melalui portal pengaduan online kepada pihak berwenang.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Mengetahui cara cek rekening penipu secara online bisa menjadi tindakan preventif untuk terhindar dari penipuan bahkan bisa melindungi keluarga maupun teman terdekat.

Saat ini modus penipuan sangat beragam bisa mengatasnamakan instansi, perusahaan, maupun pribadi melalui SMS, telepon, dan jual-beli online.

Nah, berikut tiga cara cek rekening penipu secara online seperti dirangkum dari Bisnis dan sumber lain, Kamis (26/5/2022):

Baca Juga: Wirda Mansur akan Dilaporkan ke Polisi Atas Tuduhan Penipuan

1. Cek rekening penipu online via CekRekening.id

Anda bisa melakukan cek rekening penipu online melalui CekRekening.id dengan cara berikut:

  • Buka laman ‘https://cekrekening.id/home’.
  • Pilih bagian Periksa Rekening.
  • Pilih bank/e-wallet dan isi nomor rekening.
  • Klik Cek Sekarang.
  • Apabila terindikasi penipuan, segera klik Tambah Laporan.
  • Isi kolom sebagai syarat laporan penipuan. Apabila mencari informasi lebih lanjut bisa melalui telepon: (021) 384 5786, WhatsApp: 08118331316, Email: cekrekening@kominfo.go.id.

Baca Juga: Pernah Jadi Korban Penipuan, Raffi Ahmad Beri Pesan Menohok pada Penipu

2. Cek rekening penipu online melalui Kredibel.go.id

Situs Kredibel.go.id merupakan salah satu laman resmi yang memfasilitasi pengecekan nomor rekening penipu secara online.

Kunjungi laman ‘https://www.kredibel.co.id’. Ketika nomor rekening di kolom pencarian rekening. Akan muncul data terkait nomor rekening tersebut.

Apabila ingin melihat informasi lebih detail, pengguna bisa login/sign up. Jika menemukan kecurigaan, Anda bisa ikut menambahkan laporan di bagian bawah dari informasi nomor rekening.

3. Cek rekening penipu online via Lapor.go.id

Selanjutnya, apabila indikasi penipuan terkait suatu institusi berwenang, laman ini jadi sarana untuk melaporkan nomor rekening tersebut. Buka laman https://www.lapor.go.id/ tanpa login.

Pilih salah satu dari 3 klasifikasi layanan. Isi laporan dengan baik dan benar. Unggah bukti pendukung. Klik Lapor untuk penyelesaian laporan.

Itulah tiga cara cek rekening penipu secara online. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya