SOLOPOS.COM - Momen saat Presiden Jokowi menggendong Kaesang Pangarep sesuai acara siraman di kediaman Jokowi di Sumber, Solo, Jumat (9/12/2022) (Istimewa/Laily Rachev)

Solopos.com, SOLO — Keseluruhan rangkaian prosesi adat siraman calon pengantin, Kaesang Pangarep, di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi, berlangsug lancar dan khidmat.

Ada yang menarik saat prosesi Presiden Jokowi menggendong Kaesang seusai siraman. Berdasarkan foto yang diterima Solopos.com dari tim media pernikahan Kaesang-Erina, terlilhat Presiden tidak kuat menggendong Kaesang yang berbadan lebih besar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Proses menggendong itu dilakukan secara simbolis. Kaesang memeluk ayahnya dari belakang seperti pose digendong tapi kakinya tetap menapak lantai. Sang ibu, Iriana, yang berada di belakang Kaesang tampak mengulurkan tangan ke arah Kaesang seolah hendak membantu memegang putra bungsunya itu.

Sekretaris Daerah(Sekda) Kota Solo, Ahyani, yang kebetulan bertetangga dengan Presiden Jokowi, kepada wartawan seusai menghadiri tradisi siraman Kaesang mengatakan tidak melihat prosesi itu secara langsung di dalam ruangan.

Namun tersedia monitor bagi keluarga besar dan tamu sehingga bisa menyaksikan keseluruhan proses siraman tersebut. “Acara berlangsung khidmat. Ini hajatan terakhir Presiden Jokowi, putra terakhir,” katanya.

Baca Juga: Momen Kaesang Sungkem hingga Digendong Jokowi saat Prosesi Siraman di Solo

Ahyani mengatakan Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan suapan kepada Kaesang pada rangkaian tradisi itu. Jokowi sempat menggendong Kaesang secara simbolis karena tidak kuat. Handuk menutupi tubuh Kaesang.

“Sama ada arahan pesan-pesan terakhir dari Jokowi dan Iriana kepada Kaesang,” ungkapnya mengenai acara siraman Kaesang. Dia mengatakan Jokowi, Iriana, serta keluarga besar dengan kerabat mendoakan supaya Kaesang selamat dan sukses.

Ada tujuh pasangan yang melakukan siraman kepada calon manten Kaesang. Mereka dari keluarga Presiden Jokowi serta menteri. Di antaranya ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md bersama istri.

Baca Juga: Presien Jokowi Ungkap Momen Iriana hingga Bobby Menangis saat Siraman Kaesang

Selanjutnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami. Lalu Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Dari keluarga Jokowi ada Idong Setyo Husodo bersama atas nama istri, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu, dan Jokowi serta istri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya