Tutup Iklan

Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Meski tidak ada riwayat sakit sebelum terkena pendarahan otak, namun sebenarnya Tukul Arwana sudah menunjukkan sejumlah gejala.

 Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Solopos.com, SOLO-Dua rekan artis Tukul Arwana, Maria Vania dan Ucie Sucita, mengingat sebelum mengalami pendarahan otak, sang presenter itu tak memiliki riwayat sakit. Bahkan mereka mengenang pria yang kondang lewat kalimat “Kembali ke laptop” itu selalu tampil sehat dan bahagia di lokasi syuting.

Meski tidak ada riwayat sakit sebelum terkena pendarahan otak, namun sebenarnya Tukul Arwana sudah menunjukkan sejumlah gejala. Hal ini seperti diungkapkan Maria Vania yang mengaku melihat sang pembawa acara itu minta obat sakit kepala dan sering tiduran di sela-sela syuting. Namun dia menganggap hal itu lantaran pemain film Otomatis Romantis itu sedang kelelahan atau kurang tidur.

Bisa jadi di luar sana juga banyak orang mengalami pendarahan otak meski tidak ada riwayat sakit seperti dialami Tukul Arwana. Lalu seberapa besar risiko mengalami serangan tersebut?

Baca Juga: Kebiasaan Tukul Arwana Saat Syuting Diungkap Maria Vania dan Ucie Sucita

Menurut dokter spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS, yang dialami oleh Tukul disebut dengan stroke perdarahan atau biasa disebut pendarahan otak, ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah.

“Bisa saja beliau tidak tahu kalau ada hipertensi atau kelainan pembuluh darah otak seperti aneurisma atau AVM,” paparnya seperti mengutip laman Detik.com, Jumat (24/9/2021).

Dijelaskan dr Ruby, pencegahannya adalah harus rutin kontrol untuk faktor-faktor risiko stroke seperti hipertensi, kolesterol kekentalan darah, diabetes melitus. Sebab, stroke pendaharan ini timbulnya selalu mendadak tanpa adanya gejala yang menyertai.

“Aneurisma atau AVM bisa pecah sewaktu2 dengan atau tanpa faktor pemicu,” pungkasnya.

Sementara menurut Ketua Indonesian Stroke Society (ISS), dr. Adin Nulkhasanah, SpS, MARS. pendarahan otak meski tidak ada riwayat sakit ini dapat dicegah dengan mengetahui dan melakukan kontrol faktor risiko sejak dini.

Baca Juga: Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Meski tidak ada riwayat sakit namun sebaiknya Anda mengecek kondisi kesehatan orang tua. Salah satu faktor risiko pendarahan otak adalah orang-orang yang memiliki orang tua dengan riwayat hipertensi.

“Ketahui dan kontrol faktor risiko sejak dini. Apabila mempunyai orang tua dengan riwayat hipertensi (misalnya), kita mesti rutin memeriksakan diri,” kata Adin seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (24/9/2021).

Ia menambahkan, selain faktor keturunan, beberapa faktor risiko utama terjadinya stroke perdarahan adalah hipertensi, diabetes, merokok, dan minimnya aktivitas fisik.

“Namun, ada juga stroke perdarahan yang disebabkan kelainan pembuluh darah [aneurisma, AVM].”

Baca Juga: Kabar Baik! Risiko Anak Mengalami Long Covid-19 Rendah

Adin juga menjelaskan tentang gejala yang dapat timbul akibat pendarahan otak. Umumnya, pasien pendarahan otak mendadak mengalami nyeri kepala hebat disertai muntah saat sedang beraktivitas.

“Gejala dapat disertai munculnya kelemahan separuh tubuh atau bicara cadel dan bisa juga berupa penurunan kesadaran.”

Terkait gejala tersebut, tatalaksana yang dapat dilakukan untuk pasien pendarahan otak adalah segera membawanya ke rumah sakit.

“Setiap pasien dengan stroke perdarahan, sejak di IGD akan dinilai derajat keparahan berdasar pemeriksaan klinis dan hasil CT Scan. Tujuan penanganan stroke perdarahan ini adalah agar tidak terjadi perdarahan ulang pada jam-jam awal kejadian [terapi suportif].”

 


Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Mengenal De Tjolomadoe yang Baru Saja Merayakan HUT ke-160

Setelah mengalami revitalisasi pada 2017, kini De Tjolomadoe menjadi salah satu destinasi wisata.

Mengenal Narkoba Jenis LSD Seperti Dipakai Jeff Smith

Bukan hanya Jeff Smith, anggota boyband Ikon, Kim Han Bin atau B.I., juga pernah tersandung narkoba jenis LSD ini.

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit menurut Islam, dilengkapi latin dan juga artinya.

Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Seorang mahasiswa telah mengembangkan teknik deteksi kanker yang terbuat dari jus jeruk.

Melihat Gunung Meletus di Mimpi? Ini Artinya

Bagi Anda yang pernah mengalami mimpi gunung meletus tentu akan merasa penasaran.

Viral Kucing Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Warganet: Punya 9 Nyawa

Video yang memperlihatkan seekor kucing berwarna putih selamat dari erupsi Gunung Semeru itu hingga Rabu (8/12/2021) menuai 3.742 komentar

Kemenkes Tegaskan Varian Omicron Belum Masuk Indonesia

Kemenkes belum mendeteksi varian omricon masuk ke Indonesia.

WHO Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Lindungi dari Varian Omicron

WHO menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mampu membentuk kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi virus varian Omicron.

Ide Kado untuk Hari Ibu: Murah, Sederhana Tapi Mengesankan

Berikut ini terdapat rekomendasi ide kado atau hadiah yang murah, sederhana tapi mengesankan di momen Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Punya Rekan Kerja Toxic? Jangan Buru-Buru Resign, Lakukan Ini Dulu

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Berikut Ini Manfaat Peanut Ball Untuk Proses Persalinan

Manfaat peanut ball untuk proses persalinan ibu hamil bisa jadi belum begitu familier di Indonesia.

Lakukan Ini Setelah Mengalami Kekerasan Seksual

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah mengalami kekerasan seksual.

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Bulan Madu

Di masa pandemi, melakukan bulan madu tak perlu pergi ke luar negeri, karena banyak tempat wisata di Indonesia tak kalah keren.

Ini Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Gratis dari Pemerintah

Ada sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis dari pemerintah.