Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga 2019

Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga 2019

SOLOPOS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

"Presiden minggu lalu bilang agar pemerintah harus menjaga tarif listrik, jangan sampai naik hingga akhir 2019," ungkap Jonan.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan bahwa hingga tahun 2019 tidak akan ada kenaikan listrik. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tarif listrik tetap terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, tarif listrik tak naik untuk menjaga agar tidak terjadi inflasi. Karena seperti diketahui, saat pemerintah melakukan penyesuaian tarif listrik, hal ini akan menjadi salah satu penyumbang inflasi.

Hal ini dinyatakan oleh, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Hotel Kempinski Jakarta di hadapan para pakar di bidang kelistrikan.

Jonan juga mengatakan, ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo agar harga listrik tetap stabil. Hal ini di katakan Jokowi usai pertemuan dengan Jonan beberapa waktu lalu.

"Presiden minggu lalu bilang agar pemerintah harus menjaga tarif listrik, jangan sampai naik hingga akhir 2019," ungkap Jonan, Kamis (22/2/2018).

Mantan Menteri Perhubungan ini juga menilai keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat Indonesia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sub sektor Ketenagalistrikan mencatat penambah rasio elektrifikasi sepanjang 2017 mencapai 94,91%. Angka ini meningkat dari 91,16% di 2016.

"Capaian rasio elektrikasi kita melebih target tahun ini sebesar 92,75%. Mudah-mudahan target 2019 sebesar 97% bisa dicapai," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andi Sommeng, di Ruang Sarulla, Gedung Sekjen Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Meski terus meningkat, Andi mengatakan masih banyak daerah yang rasio elektrifikasinya masih kurang. Utamnya pada wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Oleh karena itu, pemerintah memberikan kesempatan swasta melalui peningkatan sumber EBT setempat.

"Kebanyakan itu ada di Papua sekarang 60,74%, di NTT 60,74%, itu rata-rata di daerah 3T," ujarnya.

Sementara itu, untuk kapasitas terpasang pembangkit sepanjang 2017 mencapai 60.000 mega watt (MW). Andi mengatakan, capaian kapasitas 60 GW ini belum melampaui target tahun 2017 62 GW. "Kita berharap kapasitas terpasang ini terus meningkat. 2018 kita naikan target 65 GW,"tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.