Tidak Ada Jadwal KA Bandara Solo Sampai April, Jangan Sampai Kecele!
KA bandara diberangkatkan dari Stasiun Klaten menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo, Selasa (11/2/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Jadwal perjalanan kereta api atau KA bandara Solo ditiadakan alias berhenti total hingga April mendatang. Hal ini menyusul pandemi virus corona atau covid-19.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang pembatalan jadwal sejumlah KA jarak jauh hingga setelah Lebaran mendatang. Di wilayah Daops VI/Yogyakarta, pembatalan ini berdampak pada sembilan jadwal KA jarak jauh.

TKI Saat Malaysia Lockdown: Kelaparan hingga Khawatir Keluarga di Kampung

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, membenarkan jadwal semua perjalanan KA bandara Solo ditiadakan sampai April. “Iya, dibatalkan sampai April,” jelas dia kepada Solopos.com, Minggu (29/3/2020).

Soal peniadaan jadwal ini, Kepala Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo Solo, Helly Indrayanto, mengatakan sejak awal 1-21 Maret operasional KA menuju Bandara Adi Soemarmo dikurangi menjadi 12 trip.

Lagi! 1 Pasien Positif Corona di Solo Dinyatakan Sembuh, Kali Ini Tour Guide dari Bali

Selanjutnya, pada 28-29 Maret dipangkas lagi menjadi enam trip dan dibatalkan semua pada 30-31 Maret 2020.

Sempat Gratis 2 Bulan

KA bandara Solo yang beroperasi sejak akhir Desember 2019 sempat menjadi primadona warga. Tidak hanya mereka yang hendak naik pesawat di Bandara Adi Soemarmo, warga juga berbondong-bondong naik KA itu untuk sekadar mencoba.

Penggerebekan Kades di Wonogiri Dipimpin Suami Sang Selingkuhan, Begini Kronologinya

Selain itu banyak pula yang memanfaatkan jalur KA baru itu untuk rekreasi. Apalagi selama dua bulan pertama operasional KA bandara Solo masih gratis. Jumlah penumpang KA bandara turun setelah PT KAI memberlakukan tiket bertarif.

RS Kariadi Semarang Bantah Ajudan Anggota DPR Imam Suroso Meninggal Covid-19

PT KAI kemudian memperpanjang rute KA bandara yang semula hanya dari Bandara Adi Soemarmo ke Solo Balapan pulang pergi (PP) ditambah dari Solo Balapan ke Stasiun Klaten.

Beredar Hoaks Kampung Krapyak Sragen Lockdown Gegara PP Dijemput Ambulans, Cek Faktanya!

Di sisi lain, PT KAI juga membatalkan sejumlah KA jarak jauh hingga setelah Lebaran. Di Solo yang masuk wilayah Daops VI/Yogyakarta, ada sembilan KA jarak jauh yang jadwalnya dibatalkan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom