SOLOPOS.COM - Petugas melakukan tes cepat antigen kepada penumpang kedatangan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (1/5/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wonogiri melakukan tes cepat antigen kepada penumpang bus kedatangan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi persebaran Covid-19 pada momen mudik.

Kegiatan skrining itu dilakukan selama lima hari, mulai Sabtu (1/5/2021) hingga Rabu (5/5/2021). Adapun sasaran dari tes cepat antigen yakni penumpang kedatangan dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan ratusan alat tes cepat antigen telah disiapkan untuk melalukan skrining kepada para penumpang bus. Proses tes dilakukan secara acak. Setiap hari ditargetkan bisa mengambil sampel sebanyak 150-200 orang.

Baca Juga: Prediksi Skor & Susunan Pemain Big Match Manchester United Vs Liverpool

Ekspedisi Mudik 2024

“Alat rapid tes antigen cukup untuk kebutuhan di terminal cukup. Jika alat sudah menipis, kami berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Sehingga ketersediaan alat selalu siap. Selain itu tes ini juga gratis bagi penumpang,” kata dia kepada wartawan, Minggu (2/5/2021).

Adhi menuturkan, jika ada penumpang bus yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen, penumpang akan dipisahkan dari rombongan lain. Di sisi lain, Satgas telah berkoordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) yang ditumpangi penumpang. Penumpang yang dinyatakan positif diantarkan ke daerah tujuannya menggunakan kendaraan lain dengan protokol kesehatan ketat.

“Menjadi tanggungjawab PO. Namun sopir yang membawa penumpang itu kami beri arahan dulu bagaimana protokol kesehatan harus dijalankan selama perjalanan. Sehingga lebih aman. Sopir dilengkapi alat pelindung diri standar seperti masker N-95. Jendela kendaraan harus dibuka supaya sirkulasi udara bagus. Sopir dan penumpang ada jaga jarak,” ungkap dia.

Penumpang Positif

Ia mengatakan, pada Sabtu (1/5/2021), ada 147 penumpang yang dites cepat antigen. Hasilnya, ada dua penumpang yang ber-KTP Cengkareng, Jakarta Barat dan Pacitan, Jatim yang dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Adhi, penumpang yang dinyatakan positif itu telah didata dan dikoordinasikan dengan PO yang ditumpangi. PO berkenan mengantarkan yang bersangkutan dengan kendaraan lain ke tujuan penumpang.

“Penumpang yang berdekatan dengan orang yang positif sudah didata. Mereka harus melaporkan diri ke puskesmas terdekat di wilayah tujuan. Meskipun hasil mereka negatif, akan tetap ditindaklanjuti oleh puskesmas. Misalnya dengan rapid test antigen ulang beberapa hari ke depan,” kata Adhi.

Baca Juga: Waspadai Pemakaian Alat Tes Swab Bekas, Begini Cara Mengetahuinya

Berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Kamis (29/4/2021), jumlah penumpang kedatangan mencapai 2.758 orang. Pada Jumat (30/4/2021), kembali normal, jumlah penumpang 1.408 orang. Pada Sabtu, penumpang kembali naik menjadi 2.154 orang.

Sementara itu, sejak Selasa (27/4/2021) hingga Sabtu, jumlah penumpang keberangkatan mengalami penurunan. Jumlah penumpang pada hari itu selalu dibawah 1.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya