SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan Kaesang Pangarep menemui wartawan setelah prosesi siraman jelang pernikahan Kaesang di Sumber Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SLEMAN — Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berserta keluarganya telah tiba di kediaman calon mempelai wanita, Erina Gudono, di Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (9/12/2022) malam, sekitar pukul 19.10 WIB. Ia tiba untuk mengikuti prosesi midodareni yang menjadi rangkaian acara pernikahan adat Jawa.

Kaesang tiba bersama keluarga besarnya, termasuk Presiden Jokowi. Ia tiba dari pintu barat, sebelah Masjid Al Hidayah, Purwosari. Rombongan calon mempelai pria yang akan melangsungkan akad nikah Sabtu (10/12/2022) itu dipimpin Presiden Jokowi. Rombongan itu tiba dengan mengenakan seragam adat Jawa gaya Solo berwarna merah muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga cucu Jokowi tampak ikut serta dalam rombongan itu. Selain itu ikut pula ibu negara, Iriana, serta anak dan menantunya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Selvi Ananda dan Bobby Nasution.

Rombongan Kaesang datang dengan membawa uba rampe sebagai perlambang perekatan kedua keluarga. Jokowi sempat bermain-main dengan ketiga cucunya di depan awak media, sebelum memasuki area kediaman Erina.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelum acara midodareni, kedua calon mempelai itu melakukan acara siraman. Erina melakukan acara siraman di kediamannya, Jumat pagi.

Baca juga: Momen Jan Ethes dan Sedah Mirah Bungkukkan Badan untuk Beri Salam ke Awak Media

Warga yang ingin menyaksikan rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina pun menggelar acara nonton bareng atau nobar di Gedung Serbaguna Dusun Purwosari.

Istri Kepala Dusun Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman Tanti Sutarto mengatakan nonton bareng (nobar) rangkaian pernikahan Kaesang-Erina masih dilanjutkan. Tidak hanya nobar, warga juga akan makan bersama dengan berbagai macam menu yang berasal dari UMKM sekitar.

“Ada 10 UMKM, kurang lebih porsinya ada 1.000. Ada bakso, mi ayam, penyetan, angkringan dan lainnya,” paparnya ditemui di Gedung Serbaguna yang dijadikan tempat nobar.

Baca juga: Detik-Detik Presiden Jokowi Tiba di Kediaman Erina Gudono di Sleman

Selain makan bersama, warga juga akan menampilkan hiburan hadroh dan tari-tarian. Nobar digelar karena warga tidak bisa masuk ke lokasi hajatan yang hanya diperuntukan bagi tamu undangan yang sangat terbatas.

“Belum tahu [saat akad] apakah ada nobar atau tidak,” ujar Tanti.

Atas pernikahan Kaesang-Erina dia mengucapkan selamat dan berdoa agar bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah. “Mbak Erina dulunya masih kecil, sekarang sudah gede, mudah-mudahan ke depan bisa ikut mengayomi warga padukuhan Purwosari. Saya ucapkan selamat,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya