Tiba di Kantor KPU Solo, 429.321 Surat Suara Pilkada 2020 Bakal Disortir
Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, menerima surat suara untuk Pilkada 2020. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 429.321 lembar surat suara Pilkada Solo 2020 tiba di Kantor KPU Solo dari tempat percetakan di Bogor pada Sabtu (21/11/2020) sore.

Surat suara yang diangkut menggunakan satu truk kontainer itu diterima langsung Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti beserta jajarannya. Surat suara sebanyak itu sudah termasuk cadangan sebanyak 2,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Saat diwawancara Solopos.com Nurul menyatakan pihaknya juga mendapat tambahan 2.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). PSU dilakukan dalam kondisi tertentu, misalnya ada pemilih yang mencoblos lebih dari sekali.

“Surat suara tambahan untuk PSU ini di ketentannya memang harus disiapkan. Persoalan nanti dipakai atau tidak. Ya kalau kami berharapnya tidak usah dipakai, yang artinya pemungutan suara berlangsung lancar dan tertib,” terang Nurul.

Spanduk Habib Rizieq di Solo Dicopot Petugas

Dia menjelaskan surat suara yang telah tiba di Kantor KPU Solo segera dilakukan proses sortir dan lipat atau Sorlip. Namun pihaknya masih menghitung berapa upah yang akan diberikan kepada petugas Sorlip merujuk ketentuan yang berlaku.

“Ini masih kami hitung. Sebab ada ketentuan upahnya, harus berapa begitu. Itu kalau tidak salah, kurang lebih Rp75 hingga Rp85 per lembar. Akan kami cek dulu ketentuan upah sorlip per lembarnya, termasuk potong pajaknya,” kata dia.

Nurul menyatakan proses Sorlip tidak akan memakan waktu lama. Sebab jumlah total surart suara Pilkada Solo 2020 terbilang sedikit. Dengan asumsi 10 tenaga sorlip yang dikerahkan, proses itu diyakini bisa selesai hanya dalam waktu sepekan.

“[Surat suara pilkada] Sedikit banget itu. Tenaga yang nanti kami kerahkan paling sekitar 10 orang. Mudah-mudahan dalam waktu sepekan bisa selesai,” ungkap dia. Sedangkan untuk proses Sorlip menurut Nurul cukup di Aula Kantor KPU Solo.

2 Pegawai Positif Covid-19, Kampus ISI Solo Lockdown

Lebih jauh dia mengatakan beberapa logistik alat pelindung diri (APD) sudah dikirim ke panitia pemungutan suara, seperti ember cuci tangan, tisu, ember, hand sanitizer, sprayer dan disinfektan. Yang belum dikirim baju hazmat dan Thermogun.

Sebab dua APD itu memang belum diterima KPU Solo. KPU Solo juga masih menunggu pengiriman berkas-berkas formulir pilkada. Tapi menurut dia proses pencetakan formulir-formulir tersebut tidak lama, termasuk proses pengiriman ke KPU Solo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom