SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengincar pertumbuhan 1 juta hingga 2 juta wajib pajak (WP) baru setiap tahunnya.

Kepala Sub Direktorat Penyuluhan Perpajakan Ditjen Pajak, Sanityas Jukti Prawatyani, menyampaikan saat ini jumlah WP di Indonesia yang terdaftar berkisar 22 juta WP. Sementara, per 30 Oktober penerimaan pajak sudah mencapai Rp648,9 triliun atau 73,3% dari target APBN 2012 sebesar Rp858 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penerimaan ini tumbuh 14,4% dibanding periode yang sama tahun lalu,” kata Tyas, sapaanya saat dijumpai Solopos.com, di sela-sela kunjungan Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Ditjen Pajak ke Griya Solopos, Jumat (9/11/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Mengenai upaya peningkatan jumlah WP, Ditjen Pajak gencar melakukan sosialisasi ke calon WP serta memperbaiki fungsi kehumasan di instansi tersebut.

Salah satu contohnya adalah sosialisasi yang dilakukan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jateng II. Kanwil DJP Jateng II menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mengadakan Lomba Desain Poster dan Pembuatan Film Pendek bertema Generasi Muda, Generasi Peduli Pajak.

“Lomba ini untuk dua kategori, SMU/SMK dan mahasiswa. Batas akhir penerimaan karya adalah 30 November,” kata Kabid P2Humas Kanwil DJP jateng II, Basuki Rahmat.

Kegiatan ini merupakan investasi untuk memperkenalkan pajak secara dini kepada calon WP. “Tujuan utama dari lomba ini adalah menciptakan generasi yang taat pajak. Para calon WP ini kami kenalkan dulu tentang pajak. Jadi, dampak kegiatan mungkin bukan untuk saat ini, tapi jangka panjang.”

Tyas melanjutkan, Ditjen Pajak punya perhatian serius terhadap fungsi kehumasan di instansi tersebut, seiring dengan agenda reformasi perpajakan yang sudah digulirkan selama sepuluh tahun terakhir. Saat ini, pejabat P2Humas ada di seluruh Kanwil DJP. ”Dan kami rutin menggelar koordinasi, bersinergi bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan publik dan media massa. Termasuk, agenda Rakornas P2Humas yang kami selenggarakan di Solo, Rabu-Jumat,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya